9 Tanaman Hias Indoor Yang Cocok Untuk Menyejukkan Rumah Kamu

Diperbarui: 23 Agu 2021

Ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dengan menanam tanaman hias di dalam rumah kamu. Selain mempercantik rumah kamu, tanaman hias juga dapat membuat rumah kamu lebih sejuk dan bersih. Inspirasi pun akan kamu dapatkan saat kamu melihat tanaman di rumah kamu, karena pikiran kamu akan menjadi lebih rileks.

tanaman hias untuk membuat rumah kamu menjadi semakin sejuk dan nyaman
Photo by Samantha Gades

Untuk itu kamu harus bisa nih memilih tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di rumah kamu. Penempatan tanaman hias juga bisa kamu atur dengan baik agar manfaat dari tanaman tersebut tidak sia-sia.


Nah, kali ini Homeplan akan memberikan ide tanaman hias yang cocok untuk kamu letakkan di dalam rumah kamu nih. Yuk disimak agar kamu bisa mendapatkan inspirasi dari tanaman hias berikut.


1. Lidah Buaya

lidah buaya adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
Photo by mallmo

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tanaman ini. Aloe vera atau biasa dikenal dengan nama lidah buaya banyak ditanam di Indonesia sebagai tanaman hias yang kaya manfaat.

Bentuknya yang unik akan membuat ruangan kamu terlihat semakin menarik. Selain itu, perawatannya yang mudah juga membuat banyak orang tertarik untuk menanam lidah buaya di rumahnya.


Lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang dapat menyuburkan rambut kamu. Tapi kamu tau ga sih, lidah buaya dapat menghasilkan zat dapat menjadi air purifier alami. Nah zat yang dihasilkan tersebut ternyata bisa menyerap bahan-bahan kimia berbahaya di ruangan kamu loh, seperti benzena dan formalin.


2. Lidah Mertua

lidah mertua adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
Photo by FeelPic

Lidah mertua atau dikenal juga dengan nama snack plant juga cukup sering kita temukan di Indonesia. Tanaman ini sering digunakan untuk menghias ruang tamu dan ruang keluarga. Bentuknya yang unik cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi untuk memperindah rumah kamu.


Lidah mertua juga cukup mudah loh dalam hal perawatan karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari dan air. Oleh karena itu kamu tidak perlu repot merawat tanaman hias yang satu ini.


Selain itu, tanaman ini juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan di rumah kamu loh. Karena lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyaring polutan seperti gas karbon monoksida. Sehingga udara di rumah kamu akan terasa lebih bersih dengan tanaman ini.


3. Peace Lily

peace lily adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
Photo by Charlie Nowlan

Peace lily cocok kamu letakkan di ruang manapun, karena bunganya yang cantik dan dapat memperindah rumah kamu. Selain itu tanaman ini juga dapat hidup dengan cahaya matahari yang minim. Dengan bentuk yang elegan namun sederhana akan membuat rumah kamu menjadi semakin menarik.

Peace lily juga dapat menetralisir zat yang dikeluarkan dari cat dinding rumah kamu. Jadi tanaman ini sangat cocok loh untuk kamu letakkan di dalam ruangan.

4. Kaktus

kaktus adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
Photo by Liana Mikah

Bentuk kaktus yang unik dapat memberikan pesona tersendiri yang tidak dapat didapatkan dari tanaman hias lain. Jenis kaktus pun sangat beragam sehingga sering dijadikan pilihan sebagai tanaman hias di dalam rumah.

Perawatannya yang mudah juga membuat kaktus diminati banyak orang. Kaktus merupakan tanaman yang dapat bertahan lama meskipun tidak diberi air dalam waktu lama. Oleh karena itu, kaktus sangat cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas padat.

5. Monstera

monstera adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
Photo by Annie Spratt

Monstera masih menjadi tanaman hias favorit untuk dijadikan sebagai dekorasi interior. Tanaman ini memiliki banyak jenis, namun yang paling populer adalah jenis monstera deliciosa.


Monstera cocok diletakkan di mana saja karena tanaman ini dapat bertahan di cahaya yang minim. Tanaman ini juga tidak perlu teralalu sering disiram. Kamu hanya perlu menyiramnya saat tanahnya sudah mulai mengering saja ya.


6. Aglonema

aglonema adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
By Tiia Pakk

Aglonema atau sering juga disebut tanaman sri rejeki. Memiliki bentuk dan corak yang menarik sehingga banyak dijadikan sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah. Tanaman ini juga cocok diletakkan di ruang ber-AC sehingga cocok diletakkan di kantor atau kamar.


Aglonema juga memiliki manfaat untuk menyerap racun seperti benzena dan formaldehida di dalam ruangan. Fakta ini didapatkan dari studi NASA tentang tanaman interior yang dapat menyaring udara. Nah jadi untuk kamu yang suka beraktivitas di dalam ruangan cocok banget nih menggunakan tanaman aglonema.


7. Bunga Seruni

bunga seruni adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
Photo by polkadotwedding

Tanaman hias satu ini merupakan tanaman dengan bunga yang sangat cantik dan banyak dijadikan sebagai dekorasi interior. Bunga seruni juga dikenal dengan nama chrisantemum. Aroma yang dikeluarkan bunga seruni pun sangat wangi. Jadi kamu bisa menjadikan bunga seruni sebagai pengharum ruangan alami nih.


Kamu bisa menaruh tanaman ini di tempat-tempat yang dilewati banyak orang seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Menaruhnya di ruang kerja pun tidak masalah, karena bentuknya yang indah dan aromanya pasti akan membuat kamu rileks deh.


8. Lavender

lavender adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
Photo by Silviu Beniamin Tofan

Tanaman hias yang dikenal dapat mengusir nyamuk ini sangat cocok untuk kamu letakkan di rumah kamu. Selain manfaatnya, lavender juga memiliki bunga yang cantik dan warna violet yang khas. Aromanya yang unik pun akan membuat kamu rileks.


Karena berbagai manfaat itulah tanaman hias lavender sangat cocok untuk kamu letakkan di dalam rumah Agar aktivitas kamu bisa menjadi lebih baik karena terhindar dari gangguan nyamuk dan serangga lainnya.


9. Lili Paris

lili paris adalah tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah
Photo by Abel Y Costa

Yang terakhir adalah lili paris atau dikenal juga dengan nama spider plant karena daunnya yang lebat seperti kaki laba laba. Terlihat sederhana namun memiliki banyak manfaat.


Lili paris dapat memberikan manfaat seperti menyerap racun yang ada di dalam rumah kita. Kamu bisa meletakkan tanaman hias ini di ruang tamu atau ruang keluarga untuk memberikan manfaat yang maksimal.

Nah jadi itulah 9 tanaman hias yang cocok untuk ditanam di dalam rumah kamu. Selain memberikan kesan asri dan indah, tanaman hias juga memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita merawat tanaman hias di dalam rumah.

 

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat Homeplan berikan untuk kamu, semoga bahasan kali ini bisa membantu kamu dalam melakukan renovasi rumah ya! Kalo kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi mau renovasi rumah loh, kunjungi juga akun sosial media Homeplan dan jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya!

Artikel terbaru

Kategori lainnya