9 Ide Pembatas Ruangan Untuk Hunian Mungil Kamu

Agar rumah tidak terasa sempit gunakanlah desain pembatas ruangan (partisi) yang tepat. Partisi ruangan juga bisa membuat rumah kamu tampak rapi dan cantik loh, simak ulasannya pada pembahasan di bawah.

ide pembatas ruangan untuk rumah kecil agar tidak memakan banyak ruang
Photo by Nastuh Abootalebi

Kebutuhan pembatas ruangan atau partisi biasanya disebabkan karena rumah kamu tidak hanya dihuni 1 orang saja. Dengan adanya pembatas ruangan, kamu akan mendapatkan suasana ruangan yang lebih privat sehingga bisa lebih nyaman saat melakukan aktivitas dan rumah kamu pun akan terlihat lebih rapi.


Namun terkadang penggunaan pembatas ruangan justru memberi masalah baru pada rumah kamu, yaitu terbatasnya lahan di dalam rumah. Untuk mengatasi hal tersebut kali ini Homeplan akan memberikan beberapa ide pembatas ruangan yang tepat untuk rumah kecil kamu. Dengan menerapkan ide ini, rumah kamu pun tidak akan terasa sempit dan kamu tetap akan mendapatkan bagian privat dan rumah terlihat lebih rapi dan estetik. Langsung aja disimak ulasannya di bawah yuk!


1. Partisi Sliding Door

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan sliding door
Photo by Andy Art

Memanfaatkan sliding door atau pintu geser sebagai pembatas ruangan merupakan ide yang sangat cerdas. Pasalnya dengan menggunakan sliding door, seluruh ruangan akan tertutup dan memberikan privasi penuh pada ruangan kamu. Selain itu, sliding door juga tidak akan memakan tempat di rumah kamu. Untuk memaksimalkannya kamu bisa menggunakan sliding door yang dapat dibuka sampai ke ujung ruangan agar tetap memberikan kesan yang luas di rumah.


2. Partisi Dari Gorden

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan gorden
Source: flickr.com

Membuat partisi dari gorden atau kain juga bisa kamu gunakan untuk memberikan privasi dan tidak memakan tempat di rumah kamu. Penggunaan gorden sebagai partisi juga bisa memberikan kesan yang lembut. Memasang partisi dari gorden juga tidak sulit dan kamu bisa melakukannya sendiri, sehingga tidak memerlukan biaya yang besar untuk memasangnya.


3. Partisi Lemari Buku Minimalis

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan lemari buku minimalis
Source: Pinterest

Memaksimalkan fungsi dari setiap bagian dalam rumah akan membuatnya lebih efektif. Penggunaan partisi dari lemari buku merupakan salah satu cara yang dapat mewujudkan hal tersebut. Kamu bisa menggunakannya sebagai partisi di rumah dan juga tempat penyimpanan buku-buku kesayangan kamu agar terlihat lebih rapi. Rumah kamu pun akan terlihat lebih estetik dan kamu akan tampak pintar di mata tamu.


4. Partisi Tanaman Hias

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan tanaman hias
Source: Pinterest

Selain membuat udara lebih sejuk, tanaman hias juga bisa kamu jadikan sebagai partisi di rumah kamu loh. Kamu bisa menggunakan tanaman seperti bambu hias atau tanaman lain yang tumbuh secara vertikal. Namun jika kamu tidak begitu tertarik dengan tanaman tersebut, kamu juga bisa menggunakan tanaman lainnya yang disusun secara vertikal menggunakan meja atau rak.


5. Partisi Portabel

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan partisi portabel
Source: Pinterest

Partisi yang dapat dilipat dan digunakan kapan saja pada saat dibutuhkan merupakan salah satu keunggulan partisi portabel. Dengan partisi jenis ini kamu tidak perlu membutuhkan lahan yang besar pada rumah kamu. Pasalnya kamu bisa menaruhnya dimana saja sesuai dengan kemauan kam, dan kamu juga tidak perlu meletakkannya setiap saat sebagai partisi.


6. Partisi Dari Cermin

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan bahan cermin
Source: Pinterest

Kamu ingin menggunakan partisi di rumah dan ingin membuat rumah tampak lebih luas? Gunakan partisi dari cermin besar di rumah kamu. Dengan partisi ini, ruangan di rumah kamu akan tampak lebih besar karena adanya ilusi optik yang dihasilkan dari cermin tersebut. Namun kamu harus berhati-hati jika ingin menggunakan partisi ini ya. Karena cermin merupakan material yang mudah pecah, jadi pastikan kamu tidak menaruh banyak barang di dekat partisi ini.


7. Partisi Kaca

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan bahan kaca
Photo by MEDIA PROFILE

Mirip seperti partisi dari cermin, karena cermin terbuat dari kaca. Bedanya adalah partisi kaca tidak memantulkan cahaya seperti cermin dan memberikan efek tanpa partisi di rumah kamu. Dengan partisi ini, rumah kamu tetap akan terlihat seperti biasanya karena kaca memiliki sifat transparan. Partisi dari kaca dapat memberikan kesan elegan namun karena sifatnya yang transparan justru privasi di ruangan kamu tidak akan tercipta.


8. Partisi Kayu

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan bahan kayu
Source: Pinterest

Partisi dari kayu merupakan partisi yang cukup sering ditemui di banyak rumah. Partisi ini dapat memberikan kesan natural dan hangat di rumah kamu. Kamu juga bisa berkreasi dengan desain dari partisi kayu ini seperti desain berongga atau desain kisi yang tampak indah.


9. Partisi Dari Akuarium

ide partisi ruangan minimalis dengan menggunakan akuarium
Source: Pinterest

Akuarium biasanya diletakkan di pinggir atau pojok ruangan di rumah, namun kamu bisa loh memanfaatkannya sebagai partisi ruangan di rumah kamu. Selain cantik, partisi ini pun akan memberikan tampilan yang hidup sehingga kamu akan merasa bahagia saat melakukan aktivitas di rumah. Meski begitu, membuat akuarium sebagai partisi membutuhkan biaya yang mahal, dan begitu juga dengan biaya perawatannya.


Nah itulah beberapa ide partisi ruangan yang bisa kamu manfaatkan di rumah. Selain ide-ide di atas kamu juga bisa kok berkreasi sendiri dengan ide kamu. Yang terpenting adalah berani mencoba dan menerima pendapat orang lain mengenai partisi yang kamu buat. Dan sekian pembahasan partisi ruangan di artikel ini, semoga kamu bisa terbantu ya!


Untuk kamu yang masih bingung dalam memilih desain partisi ruangan di rumah, cobalah untuk melakukan konsultasi ke desainer interior berpengalaman. Salah satu jasa konsultasi yang bisa kamu coba adalah konsultasi dari Homeplan yang bisa kamu lakukan secara gratis. Kamu juga bisa memesan desain 2D maupun 3D dari desainer interior Homeplan loh, jadi tunggu apalagi yuk cobain aplikasi Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya