9 Ide Desain Rooftop Untuk Tempat Nongkrong Dan Bersantai

Fungsi rooftop di rumah tidak hanya dapat dijadikan sebagai tempat menjemur pakaian loh. Kamu juga bisa membuat rooftop di rumah kamu menjadi tempat untuk nongkrong dan bersantai. Lalu bagaimana caranya? Homeplan akan membahasnya di artikel ini, check it out guys!

ide desain rooftop untuk tempat nongkrong yang asik
Photo by garrett parker

Kafe dan restoran terkadang memiliki rooftop yang dijadikan sebagai untuk tempat nongkrong yang asik dan nyaman. Lalu apakah bisa rumah kita mengadopsi konsep ini di rooftop? Tentu saja bisa, kamu tidak perlu selalu terpaku pada fungsi rooftop untuk menjemur pakaian atau sebagai tempat untuk menaruh toren air.


Cobalah untuk berkreasi pada ruang kosong di rooftop rumah kamu, manfaatkan tempat tersebut agar berfungsi dengan baik, sehingga kamu pun dapat memaksimalkan ruang di rumah kamu. Nah jika kamu masih bingung desain rooftop seperti apa yang nyaman untuk digunakan, kali ini Homeplan akan memberikan beberapa ide yang bisa kamu terapkan nih. Apa aja sih? Langsung aja yuk cek di bawah!


1. Rooftop Dengan Gaya Vintage

rooftop nyaman dengan desain bergaya vintage
Source: Pinterest

Gaya vintage cocok untuk kamu yang menyukai gaya jadul dan untuk kamu yang bosan dengan gaya mainstream. Saat ini desain vintage juga cukup banyak diminati oleh anak muda, pasalnya desain ini dapat memberikan kesan yang tak lekang oleh waktu dan terlihat berbeda dari yang lain. Untuk membuatnya kamu bisa menggunakan kursi dan meja yang sudah terlihat tua dengan gaya jadul seperti kursi dari bambu dan rotan. Kamu juga bisa menambahkan dekorasi bunga untuk membuatnya semakin vintage.


2. Rooftop Mewah

rooftop nyaman dengan desain mewah
Source: Pinterest

Kemewahan adalah gaya hidup yang sulit untuk dilepaskan, terutama bagi kamu yang memang menyukainya. Untuk bisa memuaskan hasrat tersebut, kamu bisa mencoba menggunakan gaya desain mewah untuk rooftop di rumah kamu. Gunakan material kaca dan batu alam untuk memberikan kesan mewah dan elegan, kamu juga bisa menggunakan beberapa dekorasi mewah seperti lampu gantung.


3. Rooftop Desain Minimalis

rooftop nyaman dengan desain bergaya minimalis
Source: Pinterest

Bersantai di rooftop bersama teman atau keluarga memanglah menyenangkan, namun pasti kamu juga suka bersantai sendiri sambil menikmati alam kan. Nah bagi kamu yang lebih menyukai bersantai sendirian, kamu bisa menggunakan desain minimalis untuk rooftop di rumah kamu. Desain ini tidak memerlukan banyak furnitur untuk membuatnya nyaman. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan 1 atau 2 tempat duduk di rooftop dan meja kecil yang dilengkapi dengan tanaman hias di atasnya.


4. Rooftop Bertema Alam

rooftop nyaman dengan desain bertema alam
Photo by Scott Webb

Kemudian ada rooftop dengan desain bertema alam, ini cocok untuk kamu yang kangen dengan suasana alam. Untuk menerapkannya kamu bisa membuat taman di rooftop rumah kamu, agar terlihat lebih natural gunakan tanaman hias dengan jenis yang bervariasi. Selain itu kamu juga bisa memberikan bebatuan di tanah taman rooftop kamu atau bisa juga menambahkan kolam ikan kecil. Dengan desain ini dijamin suasana rooftop kamu akan terasa seperti menyatu dengan alam.


5. Rooftop Dengan Gaya Sederhana

rooftop nyaman dengan desain bergaya sederhana
Source: Pinterest

Selain gaya rumit yang ada di atas, kamu juga bisa kok membuat rooftop dengan gaya yang sederhana. Desain ini cocok untuk kamu yang memiliki lahan terbatas di rooftop kamu. Desain ini juga sebenarnya mirip dengan gaya desain minimalis, namun dengan gaya sederhana kamu lebih bisa berkreasi dengan dekorasi untuk mempercantiknya.


6. Rooftop Dengan Alat Barbeque

rooftop nyaman dengan dilengkapi peralatan barbeque
Source: Pinterest

Bagi kamu yang suka berkumpul bersama keluarga atau teman sambil menikmati makanan, coba deh untuk melengkapi rooftop di rumah kamu dengan alat barbeque. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pengalaman berkumpul yang lebih menyenangkan pastinya, tidak hanya makan saja, kamu juga bisa berkumpul sambil memasak.