9 Ide Desain Kolam Ikan Minimalis Untuk Rumah Impian Kamu

Memiliki kolam ikan di rumah terbukti dapat memberikan ketenangan saat berada di rumah, apalagi bagi kamu yang hobi memelihara ikan. Nah kali ini Homeplan akan memberikan beberapa ide desain kolam ikan untuk mempercantik rumah kamu, yuk kita simak pembahasannya!

ide desain kolam ikan minimalis untuk mewujudkan rumah impian kamu
Photo by Boogich from gettyimages

Memiliki hewan peliharaan sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Dengan adanya hewan peliharaan pun rumah akan terasa ramai dan tidak membosankan. Nah salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati saat ini adalah ikan hias. Hal ini karena memelihara ikan dapat membuat kamu merasa tenang saat melihatnya, mengurus ikan pun tidak begitu rumit dan relatif murah.


Nah jika kamu adalah salah satu pecinta ikan hias, kamu harus banget nih membuat tempat khusus seperti kolam untuk ikan kesayangan kamu agar ikan tidak merasa stres. Selain itu kolam ikan dengan desain yang cantik dapat membuat rumah kamu menjadi terasa natural dan mewah. Mau tau desain kolam seperti apa yang dapat mewujudkan rumah impian kamu? Yuk kita lihat langsung di bawah ulasannya!


1. Kolam Ikan Dekorasi Alami

kolam ikan nuansa alam yang bikin kamu tambah rileks
Source: Pinterest

Nah membuat kolam ikan desain natural adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang ingin membuat rumah terasa alami dan sejuk. Dengan adanya kolam ikan yang terlihat begitu menenangkan tentu dapat melengkapi kesan natural di dalam rumah dan dapat memberikan ketenangan serta kedamaian.


2. Kolam Ikan Minimalis

kolam renang minimalis dalam ruangan yang mungil dan tidak makan tempat
Source: Pinterest

Kemudian untuk kamu yang ingin memiliki kolam ikan di dalam rumah namun lahan yang kamu miliki terbatas, coba deh gunakan kolam dengan desain minimalis seperti di atas. Kamu tidak perlu menggunakan lahan yang begitu luas untuk membuat kolam ikan minimalis tersebut. Cukup ubah bagian kosong rumah seperti di bagian pojokan dan jadikan sebagai kolam ikan yang cantik.


3. Kolam Ikan Di Pagar Rumah

kolam ikan desain unik yang dibuat di pagar rumah bikin rumah terlihat mewah
Source: Tiktok.com/@jejeyeny3

Salah satu video viral di Tiktok belakangan ini menunjukkan seseorang yang memiliki pagar rumah dari kolam ikan. Meski terlihat tidak biasa ternyata cara ini dapat membuat rumah kamu tampak begitu cantik loh. Wah keren banget ya inovasi pemilik rumah ini dalam membuat kolam ikan di rumahnya.


4. Kolam Ikan Dengan Material Kaca

kolam ikan dengan material kaca yang elegan dan memanjakan mata
Source: Pinterest

Jika kamu ingin menambahkan kesan elegan pada kolam ikan, kamu bisa menggunakan material berbahan kaca. Selain menambah kesan elegan, dengan bahan kaca pun kamu bisa melihat ikan di dalam kolam dengan lebih jelas sehingga dapat membuat diri kamu lebih rileks saat sedang bersantai sambil melihat ikan.


5. Kolam Ikan Di Bawah Tempat Bersantai

kolam ikan di bawah tempat bersantai bikin kamu rileks dan nyaman
Source: Pinterest

Kemudian untuk kamu yang suka bersantai dan nongkrong bareng teman dan keluarga di rumah, cocok banget nih menerapkan desain kolam ikan yang satu ini. Dengan membuat tempat berkumpul dan bersantai di atas kolam ikan, tentunya bisa membuat momen berkumpul jadi tambah seru kan.


6. Kolam Ikan Dekorasi Batu Alam

menggunakan dekorasi batu alam untuk menambah kesan alami pada kolam ikan
Source: Pinterest

Mirip seperti dekorasi natural yang sudah disebutkan di atas, desain kolam ikan dengan menggunakan batu alam juga ternyata bisa menambah kesan alami dan modern loh. Selain itu, kesan mewah dan natural juga semakin terlihat dengan menggunakan dekorasi batu alam. Kamu bisa menggunakan batu alam yang tahan terhadap air agar kolam ikan di rumah kamu tetap awet ya.


7. Kolam Ikan Model Raised

kolam ikan yang berdiri di atas lantai bisa menghemat biaya pembuatan
Source: Pinterest

Saat ini desain kolam ikan raised atau yang dibangun di tanah sudah cukup banyak diminati karena bisa menghemat biaya pengerukan tanah. Jadi dengan cara ini kamu tidak perlu mengeruk lantai di rumah kamu untuk membuat kolam dan hanya perlu membangun kolam di atas lantai yang menarik.


8. Kolam Ikan Model Selokan

desain kolam ikan yang unik dengan model selokan yang membuat ikan dapat leluasa berenang
Source: Pinterest

Desain kolam ikan yang satu ini tentu cukup menarik karena masih cukup jarang ditemukan. Meski begitu konsep dari desain kolam ini sangat cocok bagi kamu yang mau menghemat tempat di rumah. Karena model ini bisa dibuat memanjang di sekeliling rumah dan ikan pun tidak akan mudah stres karena dapat bergerak dengan begitu bebas seperti di sungai.


9. Kolam Ikan Mini

kolam ikan mini khusus untuk kamu yang tidak mau membangun kolam ikan besar
Source: Pinterest

Kolam ikan yang satu ini cocok untuk kamu yang tidak mau ribet namun mau memelihara ikan dengan kolam di rumah. Kamu cukup menggunakan wadah dari keramik atau tanah liat yang dapat menampung air dengan baik. Konsep ini mirip seperti penggunaan akuarium.


10. Kolam Ikan Dengan Akuarium Terbalik

kolam ikan dengan akuarium terbalik membuat ikan serasa melayang
Source: Pinterest

Dan yang terakhir adalah kolam ikan dengan akuarium terbalik di atasnya. Desain yang satu ini sedang banyak diminati karena terlihat unik dan dapat memanjakan mata saat ikan-ikan sedang naik ke akuarium. Ikan terlihat seperti terbang dengan adanya akuarium terbalik ini. Untuk membuatnya bisa menggunakan pompa yang membuat air dapat masuk ke dalam akuarium yang terbalik tersebut, cukup sederhana.


Nah itulah beberapa ide desain kolam ikan yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah kamu. Dengan desain tersebut kamu dan keluarga pastinya akan merasa lebih tenang, rileks, dan betah deh berada di rumah. Apa kamu tertarik untuk membuatnya di rumah? Tulis di kolom komentar ya!


Bagi kamu yang ingin membuat desain rumah dengan dilengkapi kolam ikan yang cantik, cobain aja pake Homeplan! Dengan Homeplan kamu bisa mewujudkan desain rumah impian kamu dengan desainer interior dan arsitek berkualitas yang berpartner dengan Homeplan. Menarik banget kan, yuk download aplikasi Homeplan sekarang disini!

Artikel terbaru

Kategori lainnya