8 Tips Jitu Menata Dapur Kecil Menjadi Terlihat Luas Dan Nyaman

Diperbarui: 25 Jun 2021

Dapur rumah kamu kecil dan sempit sehingga membuat kamu menjadi tidak nyaman saat memasak di rumah? Mungkin ada yang salah dalam penataan dapur rumah kamu. Karena kamu bisa loh membuat dapur kecil di rumah kamu menjadi nampak luas dan tetap nyaman.

cara menata dapur rumah yang kecil agar terlihat luas dan nyaman
Photo by Im3rd Media

Dapur merupakan ruangan yang tidak begitu terlihat bagi tamu karena letaknya di belakang. Namun dapur merupakan ruangan yang cukup sering digunakan, terutama oleh ibu rumah tangga. Untuk itu, kamu harus bisa menata peralatan di dapur kamu dengan baik dan benar agar kamu nyaman saat melakukan aktivitas di dapur.


Oleh karena itu, kali ini Homeplan akan memberikan tips yang wajib kamu gunakan di dapur rumah kamu agar masakan kamu bisa makin terasa lezat karena hati yang senang saat memasak di dapur. Nah daripada berlama-lama, langsung aja yuk kita simak!


1. Gantung Peralatan Memasak

gantung peralatan dapur untuk menghemat ruang dan membuat nyaman
Photo by Dinh Ng.

Peralatan memasak yang sering digunakan bisa kamu gantung di dapur kamu. Selain menghemat ruang, menggantung peralatan memasak juga akan membuat kamu lebih mudah dalam mengambilnya. Kamu bisa menggunakan gantungan dengan model-model menarik yang cocok untuk dapur kamu, atau kamu juga bisa menggunakan paku di dapur kamu.


2. Menggunakan Rak Vertikal

menggunakan rak vertikal untuk menghemat ruang dan membuat nyaman
Photo by Dane Deaner

Penggunaan rak vertikal sangat direkomendasikan untuk menghemat ruang di dapur kamu. Rak vertikal bisa kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan dapur ataupun bumbu di dapur kamu. Pilihlah tema dan warna rak yang sesuai dengan warna dasar dapur kamu agar tetap terlihat cantik.


3. Manfaatkan Dinding Yang Kosong

manfaatkan dinding kosong untuk menghemat ruang dan membuat nyaman
Photo by Edgar Castrejon

Dinding yang kosong bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk memasang rak vertikal atau gantungan untuk peralatan dapur kamu. Jadi sebisa mungkin kamu memaksimalkan dinding yang kosong di dapur kamu sebagai tempat yang bermanfaat ya. Kamu juga bisa menggunakan dinding yang kosong untuk dijadikan tempat menaruh dekorasi seperti tanaman hias atau hiasan dinding.


4. Manfaatkan Bagian Bawah Dapur

manfaatkan bagian bawah untuk menghemat ruang dan membuat nyaman
Photo by Andrea Davis

Bagian bawah dapur terkadang sering dilupakan, padahal bagian ini bisa kamu manfaatkan sebagai ruang untuk laci di dapur kamu loh. Kamu juga bisa menaruh peralatan makan kamu di bagian bawah dapur ini agar terlihat rapi dan kamu juga tidak repot saat mencari peralatan makan atau masak di dapur kamu.


5. Gunakan Kitchen Set Minimalis

kitchen set minimalis untuk menghemat ruang dan membuat nyaman
Photo by Toa Heftiba

Siapa bilang kitchen set hanya dapat digunakan untuk dapur dengan ukuran yang luas? Saat ini sudah banyak kitchen set yang dikhususkan untuk dapur dengan ukuran minimalis loh. Jadi kamu bisa memanfaatkan kitchen set minimalis ini untuk dapur kecil di rumah kamu agar terlihat rapi dan nyaman digunakan.


6. Menyusun Peralatan Sesuai Kebutuhan

mengelompokkan peralatan untuk menghemat ruang dan membuat nyaman
Photo by Annie Spratt

Menyusun peralatan dapur harus bisa kamu lakukan agar kamu tidak bingung saat ingin menggunakannya. Kamu bisa menyusun peralatan dapur kamu sesuai dengan prioritas penggunaan peralatan yang paling sering digunakan. Taruhlah peralatan di tempat yang mudah dijangkau jika peralatan tersebut sering digunakan, selain itu kamu juga bisa mengelompokkannya sesuai dengan fungsi peralatan. Sebagai contoh kamu menaruh panci di satu tempat yang sama dan menyusunnya berdasarkan pada ukuran panci tersebut. Dengan begitu dapur di rumah kamu pun akan terasa lebih nyaman dan lebih teratur.


7. Maksimalkan Pencahayaan

maksimalkan pencahayaan untuk menghemat ruang dan membuat nyaman
Photo by R ARCHITECTURE

Pencahayaan pada dapur perlu kamu maksimalkan dengan menggunakan lampu yang terang atau dengan cahaya alami dari matahari. Dengan adanya pencahayaan yang baik, dapur kamu pun akan terlihat lebih luas dan nyaman. Namun pastikan kamu selalu membersihkan dapur kamu ya agar tidak terlihat kotor karena pencahayaan yang baik justru akan membuat noda pada dapur menjadi terlihat jelas.


8. Gunakan Warna Cerah

gunakan warna cerah untuk menghemat ruang dan membuat nyaman
Photo by Im3rd Media

Selain memaksimalkan pencahayaan kamu juga bisa menggunakan warna cerah pada dapur kamu seperti warna putih. Namun perlu diingat ya kamu harus menggunakan penutup dinding yang tahan terhadap minyak sehingga kamu bisa lebih mudah untuk membersihkannya. Dengan menggunakan warna yang cerah, dapur rumah kamu akan terlihat lebih menarik dan pastinya terlihat lebih luas loh.


Itulah tips jitu yang bisa kamu terapkan di dapur rumah kamu. Selain poin-poin di atas kamu juga harus rajin membersihkan dan merapikan dapurmu secara rutin ya agar tetap nyaman saat ingin digunakan kembali. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, jangan lupa untuk share artikel ini ke teman dan kerabat kamu agar mereka bisa ikut terbantu juga.


Jika kamu ingin segera mengganti dapur rumah kamu tapi bingung desain dapur seperti apa yang tepat, cobalah untuk melakukan konsultasi langsung dengan Homeplan. Kamu cukup mendownload aplikasi Homeplan dan melakukan konsultasi dengan profesional melalui smartphone kamu loh. Gampang banget kan, yuk coba Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya