8 Tips Jitu Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Yang Nyaman

Memilih sofa yang nyaman terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Namun dengan mengikuti tips yang Homeplan bahas di bawah kamu pasti bisa lebih mudah dalam menentukan sofa yang tepat untuk ruang tamu kamu, yuk langsung disimak!

tips memilih sofa dengan tepat untuk memberikan kenyamanan pada ruang tamu
Photo by Nathan Fertig

Sofa adalah furnitur yang banyak digunakan di ruang tamu untuk memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang ke rumah. Namun tidak hanya itu, sofa juga memiliki peran penting dalam mendukung tampilan ruang tamu di rumah kamu. Oleh sebab itu, kita harus jeli dalam memilih sofa yang tepat dan dapat memberikan kenyamanan maksimal di rumah.


Namun masih banyak orang yang bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana saat ingin memilih dan membeli sofa. Karena itu kali ini Homeplan akan memberikan beberapa cara dan tips mudah yang bisa kamu terapkan agar kamu tidak bingung dan dapat memilih sofa dengan tepat. Daripada terlalu lama, langsung aja yuk kita simak penjelasannya di bawah!


1. Jenis Sofa

kamu harus memperhatikan jenis sofa yang sesuai dengan ruang tamu
Photo by Alberto Castillo Q.

Saat ini sudah banyak jenis sofa yang dijual di pasaran seperti sectional sofa, sofa bed, dan sofa tanpa lengan. Dengan memilih jenis sofa yang tepat ruangan di rumah kamu pun tidak akan terasa sempit dan dapat memberikan kesan yang nyaman. Sectional sofa adalah salah satu pilihan yang menarik untuk digunakan di ruang tamu yang kecil maupun besar.


2. Bentuk Sofa

kamu harus memperhatikan bentuk sofa yang sesuai dengan ruang tamu
Photo by Sven Brandsma

Kemudian kamu juga perlu memperhatikan bentuk sofa yang sesuai dengan ruangan kamu. Jangan menggunakan bentuk yang terlalu banyak lekukannya untuk ruangan dengan konsep minimalis, atau sebaliknya. Karena akan membuat ruangan terlihat menjadi berantakan dan tidak terfokus pada satu konsep. Pilihlah bentuk yang sesuai dengan tema di ruangan dan juga sesuai dengan selera kamu.


3. Ukuran Sofa

kamu harus memperhatikan ukuran sofa yang sesuai dengan ruang tamu
Photo by Adam Winger

Salah satu faktor paling penting yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu saat memilih sofa adalah ukurannya. Pilihlah ukuran sofa yang sesuai dengan ruang tamu di rumah kamu, jangan terlalu besar maupun terlalu kecil. Ruangan akan terasa begitu sempit apabila kamu menggunakan sofa dengan ukuran yang besar di ruang tamu kecil. Begitu juga sebaliknya, gunakan sofa ukuran besar jika ruang tamu di rumah kamu besar, karena jika terlalu kecil justru akan membuat ruang tamu kamu tidak terfokus pada sofa tersebut.


4. Warna Sofa

kamu harus memperhatikan warna sofa yang sesuai dengan ruang tamu
Photo by Inside Weather

Pemilihan warna sofa juga perlu kamu pertimbangkan saat sedang memilih sofa. Kamu perlu menyesuaikannya dengan warna dan tema ruangan, ukuran ruang tamu, hingga selera warna yang kamu miliki. Menyesuaikannya dengan tema dan warna ruangan memang tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu menyamakan atau menyesuaikan warna dengan dominasi warna ruangan.


Sedangkan untuk penyesuaian ukuran ruang tamu kamu juga hanya perlu memilih warna terang jika ukuran ruang tamu kecil. Dan untuk selera warna kamu juga hanya perlu memilih dengan warna yang kamu sukai, namun perlu diingat ketiga faktor ini akan sangat baik jika semuanya terpenuhi. Jangan hanya mengutamakan selera warna kamu saja tapi kamu juga harus menyesuaikannya dengan faktor yang lain.


5. Motif Sofa

kamu harus memperhatikan motif sofa yang sesuai dengan ruang tamu
Photo by Timothy Dykes

Memilih motif sofa yang tepat juga tidak begitu berbeda dengan memilih warna sofa. Namun motif sofa dapat memberikan ilusi optik yang lebih kuat dibandingkan warna sofa. Jadi kamu perlu lebih berhati-hati dalam memilih motif sofa karena jika kamu salah memilih motif, bisa bisa ruang tamu kamu menjadi terlihat begitu ramai dan tidak nyaman. Terutama jika ukuran ruang tamu kamu tidak begitu besar, lebih baik kamu memilih corak yang sederhana dan tidak begitu mencolok saja ya.


6. Bahan Penutup Sofa

kamu harus memperhatikan bahan penutup sofa yang sesuai dengan ruang tamu
Photo by HalGatewood.com

Saat ini sudah ada begitu banyak bahan penutup sofa yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan saat ingin membelinya. Mulai dari bahan katun, denim, polyester, kanvas, kulit sintetis, kulit hewan, beludru, hingga sutra. Bahan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kenyamanan kamu saat menggunakannya. Sebagai contoh bahan dari kulit sapi pastinya lebih awet dari bahan lainnya dan memiliki tingkat kenyamanan yang baik namun harganya tergolong mahal.