8 Rumah Karya Arsitek Ternama Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu

Arsitek memiliki peran penting dalam merencanakan dan membangun rumah menjadi lebih berkualitas dan tidak hanya sekedar tempat tinggal saja. Dengan adanya arsitek, banyak orang yang terbantu terutama bagi mereka yang masih awam dan tidak memahami mekanisme pembangunan rumah.

rumah karya arsitek ternama asal indonesia yang memukau dan menarik
Photo by Marvin Meyer

Meskipun peran arsitek yang begitu penting dalam merencanakan dan membanguna rumah, masih banyak orang yang ragu menggunakan jasa mereka. Hal tersebut karena stigma masyarakat tentang mahalnya harga arsitek. Padahal jika kamu memahami peran arsitek, kamu akan tahu bahwa kualitas yang diberikan pasti sebanding dengan harga yang harus dibayarkan. Bahkan jasa arsitek dapat membantu kamu dalam menekan anggaran namun tetap memberikan hasil yang maksimal.


Jika kamu masih belum terbayang bagaimana karya arsitek yang membuat kamu harus menggunakan jasanya, kali ini Homeplan akan memberikan beberapa karya arsitek Indonesia yang berkualitas dan bisa kamu jadikan sebagai contoh, langsung saja disimak di bawah!


1. Ivory House - KALA Architecture

ivory house rumah karya arsitek kala yang mengusung tema minimalis
Photo by Hendro Prasetyo

Desain rumah bernama Ivory House ini dirancang oleh arsitek ternama bernama KALA dan bekerja sama dengan Ruang Raya. Mengusung konsep rumah dengan ruang terbuka yang bertujuan membuat penghuni dapat berkumpul bersama keluarga menjadi lebih berkualitas.

interior ivory house memiliki ruang terbuka sehingga cahaya matahari mudah masuk
Photo by Hendro Prasetyo

Banyak bagian rumah yang dibuat terbuka sehingga cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah ini. Sehingga penghuni dapat menghemat energi listrik untuk lampu saat siang hari, cahaya matahari yang masuk juga dapat berperan dalam membuat penghuni lebih sehat karena manfaat sinar matahari yang sangat banyak. Selain itu rumah pun akan terasa sejuk karena udara dapat masuk dengan mudah ke dalam rumah.


Keren banget ya rumah karya KALA ini, kamu tertarik menggunakan jasa dari KALA Architecture & Interior Design? Download aja aplikasi Homeplan dan kamu bisa langsung menghubungi KALA untuk menggunakan jasanya loh, mudah kan! Yuk download Homeplan sekarang!


2. Rumah Botol - Ridwan Kamil

rumah botol karya ridwan kamil yang ramah lingkungan dan nyaman
Source: furnizing.com

Ridwan Kamil adalah seorang Gubernur Jawa Barat yang dikenal memiliki latar belakang seorang arsitek. Namun tahukah kamu karya dari Ridwan Kamil seperti apa? Nah Rumah Botol adalah salah satu karya Ridwan Kamil yang cukup terkenal dan juga sebagai kediaman Gubernur yang sering disapa Kang Emil ini.


Konsep desain dari rumah ini cukup berbeda dan menarik, yaitu dengan menggunakan botol kaca bekas sebagai fasad rumah. Perpaduan warna yang dihasilkan antara warna botol kaca dengan aksen kayu memberikan kesan yang elegan dan mewah. Keren banget ya karya Gubernur Jawa Barat ini!


3. Heavy Rotation House - Parametr Architect

heavy rotation house rumah karya arsitek parmatr indonesia
Photo by Ario Andito

Dari namanya saja kamu sudah bisa menebak mengapa rumah ini dinamai Heavy Rotation House. Ya rumah karya Parametr Architect ini terlihat seperti berputar dan tidak lurus. Meski begitu rumah ini terlihat begitu unik dan menarik apalagi jika kamu sudah masuk ke bagian dalam rumah ini.


Penerapan konsep ini sebenarnya bukan tanpa alasan, desain Heavy Rotation House diterapkan bertujuan agar cahaya matahari tidak menghadap langsung ke bangunan sehingga panas matahari dapat diminimalisir. Menarik sekali kan rumah yang satu ini!


4. Satu House - Chrystalline Architect

satu house rumah karya chrystalline architect yang mengusung tema minimalis open space
Photo by William Sebastian

Chrystalline Architect menggunakan nama Satu House karena rumah ini memiliki nomor rumah satu di kawasan tersebut. Satu House menerapkan konsep minimalis yang cukup unik dan bagi kamu yang menyukai konsep minimalis pasti akan suka melihat bagian dalam rumah ini.

interior satu house yang mengusung konsep minimalis open space
Photo by William Sebastian

Menggunakan konsep rumah tanpa sekat membuatnya terlihat begitu luas dan nyaman. Tanpa menerapkan dekorasi-dekorasi yang berlebihan, rumah ini tetap terlihat begitu mewah dan elegan karena terlihat begitu eksklusif.


5. BRG House - Tan Tik Lam

rumah brg house karya tan tik lam yang hanya menggunakan satu lantai
Photo by Mario Wibowo

Salah satu rumah yang mengusung tema one floor living, dimana rumah ini hanya mengutamakan fungsi rumah pada 1 lantai saja. Meskipun hanya memiliki 1 lantai, rumah ini tetap terlihat mewah dan begitu nyaman ditempati karena luas tanahnya yang begitu besar yaitu sekitar 750 m2. Kamu tertarik memiliki rumah karya arsitek Tan Tik Lam ini?


6. Kiyakabin - Atelier Riri

kiyakabin rumah karya arsitek atelier riri yang mengusung konsep modern tropical
Photo by William Sutanto

Firma arsitek ternama asal Indonesia yang bernama Atelier Riri membangun rumah yang bernama Kiyakabin. Konsep rumah ini sangat unik karena mengutamakan area outdoor yang terlihat begitu alami. Bangunan rumahnya pun mengutamakan material kayu sebagai bahan dasarnya sehingga konsep alami yang ditunjukkan semakin menonjol. Meski begitu, bangunan ini tetap terlihat modern karena kombinasi warna dan bentuk yang dibuat begitu rapi dan geometris.


7. Splow House - Delution Architects

splow house rumah karya delution architect yang mengusung konsep split grow house
Photo by Fernando Gomulya

Luas tanah yang kecil bukan menjadi hambatan bagi para arsitek karena hal tersebut justru membuat arsitek semakin kreatif dan dapat menciptakan karya yang berkualitas. Salah satu arsitek yang berhasil membangun rumah di daerah padat penduduk dengan luas tanah yang terbatas adalah Delution Architects. Rumah bernama Splow House ini berhasil mendapatkan penghargaan Architizer A+ Awards 2017 versi Public Choice.

interior splow house yang terlihat memiliki banyak tingkat
Photo by Fernando Gomulya

Mengusung konsep grow split house yang membuatnya terlihat hanya memiliki 2 lantai namun di dalamnya seperti terdapat 3 lantai. Konsep grow house juga membuat pemilik rumah bisa kembali membangun rumah saat dana dan keperluannya sudah dibutuhkan tanpa perlu dilakukan perombakan.


8. Distort House - TWS & Partners

distort house rumah karya arsitek tws & partners dengan konsep unik
Photo by Fernando Gomulya

Dan karya arsitek yang terakhir adalah rumah bernama Distort House karya arsitek TWS & Partners dengan mengusung konsep yang cukup unik yaitu rumah yang terdistorsi. Bentuk rumah terlihat tidak beraturan untuk memberikan persepsi baru bahwa tidak hanya rumah dengan bentuk geometris saja yang bisa membuat rumah terlihat modern dan menarik. Salah satu kelebihan dari rumah ini adalah banyaknya bukaan pada rumah dan ruang terbuka hijau sehingga rumah terasa sejuk dan sehat.


Nah itulah beberapa karya arsitek ternama Indonesia yang karyanya begitu memukau. Selain desain dari rumah tersebut, seorang arsitek juga harus memikirkan berbagai elemen penting dari sebuah tempat tinggal. Elemen penting tersebut antara lain ventilasi udara, tempat masuk cahaya, penempatan lampu, konsep rumah, dan masih banyak lagi.


Oleh karena itu, menggunakan jasa arsitek begitu penting dalam membangun sebuah rumah dan bangunan. Karena dapat memberikan kesehatan, kenyamanan, dan juga estetika sebuah rumah. Nah bagi kamu yang ingin mencari jasa arsitek ataupun desainer interior yang tepat, langsung saja download aplikasi Homeplan. Di sini kamu bisa mendapatkan inspirasi desain rumah yang sesuai dengan selera kamu loh. Yuk tunggu apalagi download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya