8 Material Penutup Dinding Selain Cat Untuk Memperindah Rumah

Diperbarui: 4 Agu 2021

Kamu bosan dengan penggunaan cat sebagai material penutup dinding di rumah kamu? Berikut material penutup dinding lainnya yang bisa memberikan keindahan lebih dibandingkan dengan cat dinding.

material penutup dinding selain cat untuk membuat interior rumah lebih cantik
Photo by Stefen Tan

Dinding merupakan salah satu elemen rumah terpenting. Berfungsi sebagai pembatas antar ruang dan juga dapat mencerminkan keindahan dari interior rumah tersebut serta memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Untuk itu membuat dinding tampak indah akan membuat kamu lebih nyaman saat berada di rumah.


Material penutup dinding yang paling umum digunakan di rumah adalah cat dinding, namun material ini terkadang memberikan kesan yang monoton dan membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut, kali ini Homeplan akan membahas beberapa material penutup dinding lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif. Apa saja sih? Langsung aja disimak di bawah!


1. Wallpaper

wallpaper adalah material penutup dinding selain cat yang dapat memberikan motif indah
Photo by Dan Gold

Wallpaper adalah salah satu material penutup dinding yang cukup populer seperti cat dinding. Pemasangan material wallpaper cukup mudah dan harganya juga cenderung murah. Warna dan motif pada wallpaper juga tidak monoton dan sangat pas untuk kamu yang ga mau ribet. Saat ini sudah banyak berbagai motif yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu. Selain itu kamu juga bisa loh membuat motif wallpaper custom, kamu bisa mencarinya di toko online atau toko wallpaper.


2. Keramik

keramik adalah material penutup dinding selain cat yang dapat memberikan kesan elegan
Homeplan Documentation

Penutup dinding dari keramik memiliki banyak keunggulan, seperti tahan minyak, tahan air, serta tidak mudah rusak. Selain itu kamu juga bisa loh membuat motif-motif menarik dari penggunaan penutup dinding keramik. Namun sayangnya penggunaan material ini cukup mahal serta dibutuhkan biaya pemasangan yang cukup tinggi juga.


3. Papan Gipsum

gipsum adalah material penutup dinding selain cat yang dapat memberikan motif polos
Photo by Collov Home Design

Saat ini penggunaan gipsum sudah cukup banyak untuk digunakan sebagai material pada rumah. Mulai dari plafon, partisi, hingga penutup dinding. Penggunaan gipsum sebagai penutup dinding juga cenderung murah dan tidak memerlukan banyak uang dalam biaya pemasangannya. Selain itu, papan gipsum juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti plesteran dan acian pada dinding rumah kamu. Namun biasanya gipsum hanya berwarna polos putih begitu pun dengan motifnya.


4. Batu Alam

batu alam adalah material penutup dinding selain cat yang dapat memberikan motif mewah
Photo by Albert Hyseni

Bagi kamu kaum sultan yang ingin memberikan kesan mewah pada rumah, pemilihan batu alam sebagai penutup dinding sangatlah tepat. Selain mendapatkan kesan yang begitu indah dan mewah, rumah kamu pun bisa terlihat alami dengan menggunakan material ini. Namun tentu saja kamu membutuhkan biaya yang banyak untuk menggunakannya.


5. Kayu

kayu adalah material penutup dinding selain cat yang dapat memberikan motif natural
Photo by Gareth Hubbard

Penggunaan material kayu memang dapat digunakan untuk bagian mana saja di dalam rumah. Begitu pun sebagai penutup dinding, dapat memberikan kesan yang hangat dan elegan namun tetap sederhana adalah kelebihan tersendiri dari material ini. Rumah kamu pun akan terasa alami dan sejuk. Kamu bisa menghias rumah kamu menjadi lebih natural lagi dengan menambahkan beberapa tanaman hias di rumah kamu.


6. Batu Bata Ekspos

bata ekspos adalah material penutup dinding selain cat yang dapat memberikan motif unik
Photo by Doug Greenman

Jika kamu ingin membuat rumah dengan desain rustic, industrial, atau klasik, menggunakan batu bata ekspos sebagai material penutup dinding merupakan pilihan yang tepat. Penggunaan material ini dapat memberikan kesan klasik yang khas dan anti-mainstream. Kamu juga bisa mencampurkan batu bata ekspos dengan material lainnya seperti penggunaan cat dinding untuk memberikan kesan keropos pada dinding.


7. Panel Dinding

panel dinding adalah material penutup dinding selain cat yang dapat memberikan motif menarik
Source: Courtina

Panel dinding saat ini sudah cukup banyak digunakan pada konstruksi bangunan modern di Indonesia. Sifatnya yang praktis membuat material ini menjadi cukup diminati oleh banyak orang. Ada beberapa varian panel dinding yang bisa kamu gunakan yaitu:

  1. Panel Dinding Beton

  2. Panel Dinding Kayu

  3. Panel Dinding Batu

  4. Panel Dinding Kaca

  5. Panel Dinding Polikarbonat


8. Karpet

karpet adalah material penutup dinding selain cat yang dapat memberikan kedap suara
Source: Snoring Source

Penggunaan karpet sebagai penutup dinding di rumah memang cukup jarang ditemui. Biasanya penutup dinding ini digunakan pada ruangan-ruangan khusus saja, seperti ruang band, teater dalam rumah, atau ruangan lainnya yang menghasilkan suara keras. Hal tersebut karena material ini dapat meredam suara dari dalam sehingga tidak mengganggu ruangan lain atau rumah lain.


Nah itulah 8 material pengganti cat dinding yang bisa kamu gunakan untuk rumah kamu. Mengganti material penutup dinding akan memberikan suasana baru pada rumah sehingga kamu tidak bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.


Namun meskipun kita sudah tahu material selain cat, terkadang kita masih bingung dalam menentukan material mana yang paling tepat untuk digunakan. Nah oleh karena itu Homeplan hadir untuk membantu kamu dalam memilih material penutup dinding yang tepat dengan menggunakan fitur konsultasi dengan profesional secara langsung. Yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya