8 Jenis Kayu Berkualitas Yang Cocok Digunakan Untuk Furnitur

Furnitur dari bahan kayu cukup umum ditemui dengan jenis kayu yang beragam. Mulai dari kayu jati hingga mahoni. Lalu apa sih perbedaan dari jenis kayu tersebut? Simak pembahasannya pada artikel berikut!

jenis kayu yang cocok digunakan sebagai furnitur berkualitas
Photo by Huy Phan

Kayu merupakan bahan alami yang sering dijadikan sebagai material berbagai barang seperti pintu, kusen, atap, hingga furnitur. Hal tersebut karena kayu memiliki sifat yang kuat dan tahan lama. Sehingga tidak heran ada begitu banyak pemanfaatan kayu sejak zaman dahulu. Dan Indonesia merupakan salah satu negara penghasil berbagai macam kayu berkualitas dunia loh! Mulai dari kayu jati, kayu merbau, hingga kayu mahoni.


Setiap jenis kayu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing sehingga kamu harus bisa memilih jenis kayu yang tepat saat ingin membeli furnitur nih. Lalu kayu jenis apa saja yang paling sering digunakan sebagai bahan baku furnitur? Biar kamu ga makin penasaran, kita simak yuk penjelasan singkatnya di bawah!


1. Kayu Jati

kayu jati adalah kayu berkualitas yang cocok digunakan sebagai furnitur
Source: Pinterest

Salah satu jenis kayu yang sangat terkenal dengan kekuatan dan keindahannya, ya kayu jati. Memiliki kualitas yang begitu baik menjadikan jenis kayu ini banyak diminati oleh banyak orang sebagai bahan baku furnitur dan barang lainnya. Selain kekuatannya, kayu jati juga memiliki corak khas yang tidak dimiliki kayu lain sehingga nilai estetika dari kayu jati juga begitu bernilai. Tidak heran jika harga dari jenis kayu ini begitu tinggi.


2. Kayu Mahoni

kayu mahoni adalah kayu berkualitas yang cocok digunakan sebagai furnitur
Source: Pinterest

Kayu mahoni merupakan jenis kayu yang memiliki motif serat lurus dan terlihat begitu solid. Harga dari kayu jenis ini pun relatif murah dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan furnitur dengan harga terjangkau. Namun kayu mahoni tidak sekuat dan seawet kayu jati sehingga lebih cocok dijadikan sebagai furnitur indoor. Kayu ini juga mudah diserang oleh rayap jadi kamu harus rajin merawat furnitur dari kayu jenis ini jika ingin tetap awet dan tahan lama.


3. Kayu Merbau

kayu merbau adalah kayu berkualitas yang cocok digunakan sebagai furnitur
Source: Dekoruma

Salah satu kelebihan yang dimiliki kayu merbau adalah warnanya yang sedikit kemerahan sehingga memberikan kesan yang indah pada furnitur. Kekuatan dari kayu merbau pun bisa dibilang hanya satu tingkat di bawah kayu jati sehingga cocok dijadikan alternatif dari kayu jati. Kayu jenis ini juga tahan terhadap serangga dan cuaca dan tidak mudah retak. Jika furnitur di rumah kamu terbuat dari kayu jenis ini dapat dipastikan furnitur kamu dapat bertahan cukup lama.


4. Kayu Pinus

kayu pinus adalah kayu berkualitas yang cocok digunakan sebagai furnitur
Source: Pinterest

Kayu pinus adalah salah satu jenis kayu yang cocok untuk dijadikan sebagai furnitur minimalis. Memiliki warna coklat cerah yang terlihat sederhana menjadikannya sangat sering digunakan untuk membuat furnitur simpel namun menawan. Selain itu, kayu jenis ini juga cukup ringan dan mudah dibentuk sehingga menjadi favorit tukang kayu. Namun di samping itu kayu pinus tidak begitu tahan terhadap cuaca, mudah terserang rayap, hingga daya tahannya yang tidak begitu tinggi.


5. Kayu Sungkai

kayu sungkai adalah kayu berkualitas yang cocok digunakan sebagai furnitur
Source: catkayu.com

Memiliki serat kayu yang begitu indah dengan warna kekuningan dan coklat muda menjadikannya begitu menawan dijadikan sebagai furnitur. Kayu jenis ini cocok untuk kamu yang ingin menghadirkan kesan natural pada furnitur di rumah kamu. Kayu ini juga cukup kuat dan keras namun tidak tahan air serta mudah diserang rayap. Jadi kayu ini lebih cocok untuk dijadikan sebagai furnitur indoor.


6. Kayu Meranti

kayu meranti adalah kayu berkualitas yang cocok digunakan sebagai furnitur
Source: Pinterest