8 Inspirasi Desain Rumah Ala Jepang Yang Nyaman Banget

Diperbarui: 25 Jun 2021

Desain interior ala Jepang sedang cukup hype saat ini tidak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Desain ini dipengaruhi oleh tradisi yang sudah melekat selama ribuan tahun oleh masyarakat Jepang. Konsep yang mengutamakan ketenangan, kedamaian, dan sentuhan tradisional yang khas membuatnya diminati banyak orang.

inspirasi desain rumah ala jepang nyaman dan keren
Photo by Julie Fader

Budaya Jepang yang mengutamakan efisiensi, kesederhanaan, dan kecintaannya pada alam juga mempengaruhi desain interiornya hingga saat ini. Dipenuhi dengan unsur kayu dan tanaman alami membuatnya terlihat lebih natural dan sangat nyaman untuk ditempati. Selain itu, konsep ruang terbuka yang cukup sering ditemukan juga menjadi ciri khas tersendiri dari desain rumah ala Jepang.


Jika kamu menyukai desain interior Jepang atau segala sesuatu tentang Jepang, Homeplan sudah merangkumkan beberapa inspirasi yang bisa kamu terapkan di rumah kamu. Daripada kamu semakin penasaran, langsung aja kita bahas.


1. Dominasi Elemen Kayu

desain rumah ala jepang dengan dominasi kayu
Photo by Yasunori Shimomura

Penggunaan elemen kayu menjadi konsep dasar dari desain rumah ala Jepang. Dengan menggunakan bahan kayu, rumah kamu akan terlihat lebih natural dan terasa hangat. Kamu bisa menggunakan kayu dengan motif bergaris dan menggunakan warna coklat muda yang cerah untuk menghasilkan kesan yang Jepang banget.


2. Konsep Open Space

desain rumah ala jepang dengan konsep open space
Photo by Francesca Tosolini

Menggunakan konsep open space di rumah kamu akan memberikan kesan yang luas dan tidak sesak. Gaya desain interior yang satu ini cocok banget nih jika rumah kamu dihuni banyak orang. Kamu bisa berkumpul dalam 1 ruangan dengan bebas dan menghadirkan suasanan kekeluargaan yang nyaman.


3. Mengutamakan Pencahayaan Alami

desain rumah ala jepang dengan pencahayaan alami
Photo by Yasunori Shimomura

Budaya Jepang yang menyukai alam dan menghormati matahari memberikan pengaruh pada desain rumahnya hingga saat ini. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya rumah bergaya Jepang yang menggunakan pencahayaan alami yang maksimal di dalam rumahnya. Konsep ini juga selaras dengan konsep open space pada poin sebelumnya, sehingga jika digabungkan akan menghasilkan desain yang nyaman dan hangat.


4. Dekorasi Tanaman Hias Dalam Ruangan

desain rumah ala jepang dengan dekorasi tanaman hias menyejukkan
Photo by Yohei Sasakura

Menghormati alam adalah salah satu sifat yang masih terus ada sampai sekarang bagi kebanyakan masyarakat Jepang. Sehingga banyak rumah bergaya Jepang yang menggunakan tanaman hias sebagai dekorasi utama.


Tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai dekorasi adalah berbagai tanaman bonsai. Beberapa bonsai yang sering digunakan adalah bonsai beringin, bonsai adenium, dan bonsai bougenville. Selain itu, tanaman lain seperti palem, anggrek, dan bunga lainnya juga sering digunakan sebagai dekorasi di dalam rumah.


5. Ruang Untuk Berlesehan

desain rumah ala jepang dengan ruangan lesehan
Photo by Jack Zhang

Jika kamu sering melihat film yang berasal dari Jepang, pasti kamu tidak asing dengan ruangan yang memang dikhususkan untuk berlesehan. Jika kamu menyukai konsep ruangan ini, tidak ada salahnya menerapkannya di rumah kamu. Ruangan ini bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bersantai, melakukan yoga, atau berolahraga. Jangan lupa untuk membuat ruangan ini menjadi senatural mungkin agar membuat kamu tetap tenang, nyaman, dan merasa damai saat sedang bersantai.


6. Menggunakan Pintu Geser

desain rumah ala jepang dengan pintu geser khas jepang
Photo by Lucas Callouch

Pintu geser khas Jepang memanglah sangat menarik untuk digunakan di rumah. Selain membuat rumah kamu menjadi semakin cantik, pintu geser juga menghemat tempat dan memberikan kesan minimalis. Jika kamu tidak begitu suka dengan pintu geser bergaya Jepang, kamu bisa menggantinya dengan yang lebih modern seperti pintu geser dari kaca.


7. Furnitur Minimalis Khas Jepang

desain rumah ala jepang dengan furnitur minimalis khas jepang
Photo by Yasunori Shimomura

Nuansa sederhana dan tenang adalah konsep utama yang diusung dari desain interior Jepang. Dengan menggunakan furnitur minimalis dengan warna netral akan membuat kamu semakin betah berada di rumah. Kamu bisa menggunakan furnitur modern minimalis yang terbuat dari kayu untuk menyelaraskan dengan tema di ruangan kamu.


8. Menggunakan Warna Netral

desain rumah ala jepang dengan warna netral
Photo by Koto Kyoto

Warna netral dan tidak terlalu banyak kombinasi adalah warna yang paling sering kita jumpai di rumah dengan desain ala Jepang. Ini menjadi ciri khas tersendiri yang menggambarkan kesederhanaan. Biasanya warna-warna seperti coklat muda, hitam, dan putih menjadi dominasi utama di rumah bergaya khas Jepang.


Nah itulah beberapa inspirasi desain interior ala Jepang yang bisa kamu terapkan di rumah kamu. Gimana kamu udah siap belom buat ganti desain interior di rumah kamu dengan gaya khas Jepang? Tulis di kolom komentar ya!


Kalo kamu bingung bagaimana cara mengganti desain interior di rumah kamu, coba aplikasi Homeplan deh. Di aplikasi ini kamu bisa mencari inspirasi desain interior yang keren-keren abis, termasuk gaya Jepang loh. Kamu juga bisa melakukan konsultasi desain rumah kamu secara gratis dengan profesional! Yuk tunggu apalagi, buruan deh coba Homeplan sekarang.

Artikel terbaru

Kategori lainnya