8 Inspirasi Desain Ruang Baca Untuk Kamu Si Pencinta Buku

Diperbarui: 10 Agu 2021

Ruang baca bagi pencinta buku sudah seperti kebutuhan yang wajib dipenuhi, namun kamu juga harus bisa membuat desain ruang baca menjadi nyaman. Lalu bagaimana caranya? Langsung aja cek di bawah pembahasannya!

inspirasi desain ruang baca di rumah untuk kamu yang hobi membaca buku
Photo by Nick Hillier

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang masih cukup banyak digemari saat ini. Meskipun sudah banyak media digital yang bisa digunakan sebagai media untuk membaca, para pencinta buku pasti tidak ingin meninggalkan hobi mengoleksi dan membaca buku secara langsung. Nah untuk menunjang hobi tersebut, biasanya para pencinta buku memiliki ruangan khusus di rumahnya untuk menyimpan dan membaca buku yang dikoleksinya.


Untuk membuat ruang baca tersebut menjadi nyaman kamu harus bisa mendesain ruang baca menjadi sedemikian rupa agar cocok dijadikan sebagai ruang baca. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat kamu ingin membuat ruang baca di rumah kamu, seperti pencahayaan, peletakan, hingga ukuran ruangan tersebut. Nah kali ini Homeplan akan memberikan beberapa referensi desain ruang baca yang bisa kamu gunakan di rumah kamu. Langsung cek aja yuk di bawah!


1. Desain Ruang Baca Minimalis

desain ruang baca minimalis untuk kamu yang tidak suka ribet
Photo by Obi Onyeador

Yang pertama adalah ruang baca dengan desain minimalis. Desain ini cukup banyak digunakan karena simpel dan tidak memakan banyak tempat. Selain itu dengan desain ini, koleksi buku kamu akan tertata dengan lebih rapi serta membuat ruangan terasa lebih luas. Gunakan warna cerah dan penerangan yang baik pada ruangan untuk menonjolkan konsep minimalis. Dengan begitu kamu akan merasa lebih nyaman saat sedang membaca buku.


2. Desain Ruang Baca Rustic

desain ruang baca rustic untuk kamu yang ingin ruang baca dengan konsep unik
Photo by Jonathan Borba

Membuat desain rustic untuk ruang baca di rumah kamu ternyata bisa memberikan kesan yang unik loh. Kamu juga akan merasakan suasana hangat di dalam ruangan karena desain rustic biasanya didominasi dengan penggunaan kayu. Desain ini bisa memberikan rasa rileks sehingga pengalaman membaca kamu pun menjadi lebih baik.


3. Desain Ruang Baca Memanjang

desain ruang baca memanjang untuk kamu yang ingin ruang baca dengan hemat tempat
Source: Pinterest

Jika kamu hanya memiliki sedikit ruang yang bisa digunakan di rumah untuk ruang baca, kamu bisa menggunakan desain ini sebagai referensi. Kamu bisa memanfaatkan lorong ataupun bagian rumah lainnya yang ada di rumah kamu sebagai ruang baca yang nyaman. Namun pastikan pencahayaannya baik dan tidak mengganggu kamu dalam membaca ya.


4. Desain Ruang Baca Di Sudut Rumah

desain ruang baca di sudut untuk kamu yang ingin ruang baca hemat tempat
Source: Pinterest

Sudut rumah yang kecil biasanya menjadi tidak terpakai karena ukurannya yang kecil dan sulit untuk disesuaikan. Namun kamu bisa loh membuat sudut ruangan ini menjadi ruang baca yang nyaman. Gunakan sofa yang dapat menjangkau sudut rumah seperti bentuk L dan lemari yang bisa kamu pasang di dinding.


5. Desain Ruang Baca Natural

desain ruang baca natural untuk kamu yang ingin ruang baca dengan konsep alam
Source: Pinterest

Ada beberapa orang yang baru bisa berkonsentrasi saat suasana ruangannya tenang, nyaman, dan sejuk. Jika kamu salah satunya, cobalah untuk membuat ruang baca dengan konsep natural. Konsep ini akan membuat ruangan terasa lebih sejuk dan membuat kamu rileks. Gunakan beberapa tanaman hias seperti aglonema atau lidah mertua untuk kamu letakkan di ruang baca kamu.


6. Desain Ruang Baca Di Loteng

desain ruang baca di loteng untuk kamu yang ingin ruang baca dengan konsep unik dan hemat tempat
Source: Pinterest