8 Ide Renovasi Rumah Dengan Biaya Terbatas Tanpa Pusing

Bosan dengan tampilan rumah membuat kita ingin melakukan renovasi rumah secepatnya. Namun minimnya uang yang dimiliki terkadang menjadi penghalang yang menyebalkan. Berikut ide renovasi rumah yang bisa kamu lakukan meskipun budget yang kamu miliki sangat terbatas!

tips renovasi rumah dengan biaya terbatas yang bisa kamu lakukan sendiri
Photo by Henry & Co.

Memiliki sebuah rumah memang menjadi tantangan tersendiri terutama saat rumah sudah terasa begitu tua. Kamu harus dapat merawatnya dengan baik, salah satu caranya adalah dengan merenovasinya. Namun masih banyak orang yang merasa renovasi rumah harus mengeluarkan biaya yang besar dan akhirnya terus ditunda.


Padahal kamu bisa loh melakukan renovasi dengan biaya yang minim. Karena renovasi rumah tidak selalu membongkar rumah secara keseluruhan dan membangun ulang. Kamu bisa merenovasi bagian bagian tertentu saja di rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Lalu bagaimana caranya? Langsung aja cek pembahasannya di bawah ya!


1. Mengubah Tampilan Dinding

mengganti tampilan dinding salah satu cara renovasi rumah murah
Photo by Vesnaandjic

Bagian dinding rumah merupakan salah satu fokus rumah yang paling terlihat. Dan terkadang kita merasa bosan karena tampilan dinding yang itu itu saja. Jadi cobalah untuk mengubah tampilan dinding di rumah kamu dengan wallpaper ataupun warna cat baru. Kamu juga bisa menambahkan dekorasi pada dinding seperti lukisan agar tidak terlihat monoton dan membuat kamu cepat bosan.


2. Mengatur Pencahayaan

mengatur pencahayaan rumah salah satu cara renovasi rumah murah
Photo by iD INTERIORS

Pencahayaan di rumah yang kurang pas juga ternyata bisa membuat kita merasa tidak nyaman di dalam rumah loh. Jadi untuk mengatasinya kamu tidak perlu untuk merenovasi rumah kamu, cukup mengganti atau mengatur pencahayaan di rumah kamu menjadi lebih baik. Sesuaikan dengan tema di dalam rumah kamu, misal kamu ingin membuat rumah terlihat hangat dan natural. Pastikan kamu menggunakan pencahayaan alami dari matahari saat siang hari dan warna lampu yang sedikit kuning untuk malam hari.


3. Mengganti Plafon

mengganti desain plafon salah satu cara renovasi rumah murah
Photo by teekid

Plafon atau langit-langit di rumah juga menjadi bagian penting yang dapat banyak mempengaruhi tampilan rumah. Untuk membuat tampilan dalam rumah menjadi lebih fresh, kamu bisa mengganti plafon dengan desain yang berbeda. Renovasi dengan cara ini juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak sehingga kamu tetap dapat menghemat pengeluaran kamu.


4. Ubah Tema Ruangan

mengganti tema ruangan salah satu cara renovasi rumah murah
Photo by Curology

Tema ruangan yang itu itu saja juga terkadang membuat kamu merasa bosan. Untuk itu kamu bisa mencoba renovasi interior saja. Cobalah untuk mengganti tema ruangan di rumah kamu, seperti mengganti tema minimalis menjadi tema bohemian yang cukup berbeda. Cara ini terkadang bisa membuat kamu menjadi lebih betah saat berada di rumah.


5. Tambahkan Tanaman Hias

menggunakan tanaman hias salah satu cara renovasi rumah murah
Photo by Cat Han

Tanaman hias bukan hanya dijadikan sebagai penghias ruangan saja namun juga bisa membuat kamu menjadi lebih nyaman dan tidak cepat bosan dengan tampilan rumah. Gunakan tanaman hias indoor seperti aglonema, lidah mertua, ataupun bunga lavender untuk memberikan suasana rileks di dalam rumah. Kamu tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran dengan cara ini namun tetap bisa mendapatkan suasana baru di rumah.


6. Mengganti Desain Pintu

mengganti desain pintu salah satu cara renovasi rumah murah
Photo by Arno Senoner

Pintu adalah akses masuk ke rumah maupun ruangan, hal tersebut membuat pintu setiap hari dilewati dan membuat kita bosan. Oleh karena itu kamu bisa mencoba cara ini untuk menghemat biaya renovasi rumah. Cobalah desain pintu yang tak biasa dan sesuaikan warna pintu dengan selera kamu.


7. Mengganti Lantai

mengubah penutup lantai salah satu cara renovasi rumah murah
Photo by Collov Home Design

Selain dinding dan plafon, lantai juga merupakan elemen penting yang mendukung tampilan interior rumah kamu. Dengan mengganti tampilan lantai kamu akan merasakan rumah yang seperti baru. Cobalah untuk menggunakan lantai berjenis kayu ataupun batu alam jika kamu bosan dengan lantai keramik.


8. Tambahkan Dan Atur Furnitur

menambahkan dan mengatur furnitur salah satu cara renovasi rumah murah
Photo by Nathan Oakley

Dan yang terakhir cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengganti tampilan dalam rumah dengan efektif adalah dengan menambahkan dan mengatur posisi furnitur. Cara ini banyak digunakan oleh desainer interior dan kamu pun tidak perlu merenovasi total rumah kamu sehingga pengeluaran pun lebih sedikit. Kamu bisa bertanya ke desainer interior ataupun arsitek yang sudah berpengalaman tentang ini.


Cobalah aplikasi Homeplan jika kamu bingung mencari desainer interior yang tepat dan berkualitas. Karena dengan Homeplan kamu bisa menyesuaikan desain dengan selera yang kamu miliki. Kamu juga bisa konsultasi gratis langsung dengan Homeplan loh, menarik kan, yuk download Homeplan sekarang!


Satu hal penting yang harus kamu perhatikan saat ingin merenovasi rumah adalah tentukan kebutuhan dan tujuanmu terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa mengetahui dengan lebih jelas bagian mana saja di rumah kamu yang perlu direnovasi. Kamu tidak perlu terlalu fokus pada renovasi total yang memerlukan biaya tinggi.


Jangan lupa untuk mendownload aplikasi Homeplan di smartphone kamu untuk mendapatkan ide renovasi sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan Homeplan kamu juga bisa menghitung estimasi biaya renovasi tanpa perlu repot dan bisa dilakukan secara gratis loh! Jadi tunggu apalagi yuk download Homeplan di sini sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya