7 Tren Desain Rumah Yang Sedang Hits Di Indonesia

Diperbarui: 25 Jun 2021

Kemajuan industri perumahan terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Tidak hanya teknologi, desain rumah pun terus berubah seiring waktu berjalan. Tren desain rumah terus bermunculan sepanjang waktu berjalan karena banyaknya permintaan.

tren desain interior hits 2021 indonesia
Photo by Kara Eads

Perubahan ini terus terjadi dikarenakan minat masyarakat yang selalu berubah. Selain itu pergantian generasi juga mempengaruhi hal ini. Kaum milenial menjadi salah satu faktor utama banyaknya perubahan yang terjadi. Dibandingkan generasi sebelumnya, kaum milenial lebih menyukai hal-hal yang simpel, teknologi canggih, dan anti-mainstream.


Agar kamu tidak ketinggalan zaman dan tetap mengikuti perkembangan zaman, Homeplan akan membahas tren desain rumah yang sedang hits di tahun 2021 terutama di Indonesia. Tren desain ini berdasarkan pada riset yang sudah Homeplan lakukan beberapa saat lalu. Daripada terlalu lama, langsung saja yuk disimak bahasannya!


1. Desain Minimalis

tren desain rumah 2021 indonesia desain minimalis
Photo by 3D INTERIOR

Desain rumah minimalis menjadi cukup populer belakangan ini. Mengutamakan fungsi utama dari ruangan saja adalah prinsip yang digunakan pada desain minimalis. Hal-hal yang tidak terlalu penting biasanya akan disingkirkan sehingga ruangan menjadi lebih lega dan banyak ruang kosong. Desain ini banyak diminati kaum muda, karena memberikan kesan yang tidak ribet dan mudah untuk diatur.


2. Desain Modern

tren desain rumah 2021 indonesia desain modern
Photo by Robin van Geenen

Gaya desain satu ini juga banyak diminati oleh kaum muda. Dengan desain ini kamu bisa mendapatkan kesan modern yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, desain ini juga cenderung simpel, bersih, fungsional, dan stylish. Kamu juga bisa menggabungkan teknologi canggih pada rumah kamu sehingga menghasilkan sistem rumah pintar (smart home). Bagi kamu pecinta teknologi pastinya akan suka deh sama desain yang satu ini.


3. Desain Industrial

tren desain rumah 2021 indonesia desain industrial
Photo by Sidekix Media

Memberikan kesan seakan sedang berada di area industri. Desain industrial awalnya berasal dari banyaknya bangunan bekas pabrik dan pergudangan yang tidak digunakan lagi. Bangunan bekas tersebut akhirnya dibuat ulang sebagai tempat tinggal dan jadilah desain industrial yang banyak kita temui saat ini. Desain ini cukup diminati oleh banyak orang, terutama mereka yang menyukai sifat tegas, kaku, dan elegan. Kamu cowo teknik harus banget nih punya rumah dengan gaya industrial.


4. Desain Skandinavian

tren desain rumah 2021 indonesia desain skandinavian
Photo by CreativaStudio

Desain skandinavian berasal dari gaya desain rumah di negara-negara Eropa seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia. Desain skandinavian mirip seperti desain minimalis yang mengutamakan fungsionalitas, namun tetap memperhatikan nilai-nilai estetika. Beberapa ciri umum yang dapat ditemui dari desain ini adalah pencahayaan yang maksimal, penggunaan warna netral, dan terlihat natural.


5. Desain Rustic

tren desain rumah 2021 indonesia desain rustic
Photo by rilueda

Konsep yang unik dari desain rustic membuatnya banyak diminati banyak orang saat ini. Tidak hanya pemilik rumah, arsitek dan desainer interior pun banyak yang menyukai desain dengan gaya yang satu ini. Kata rustic sendiri memiliki arti tua dan berkarat, seperti namanya desain ini memang mengusung tema yang terlihat tua dengan finishing yang terlihat belum selesai. Desain rustic menitik beratkan pada sifat-sifat alamiah dari suatu barang yang akan tetap hancur dan rusak dimakan oleh usia.


6. Desain Bertema Alam

tren desain rumah 2021 indonesia desain tema alam
Photo by KatarzynaBialasiewicz

Menerapkan desain bertema alam tidak terlalu sulit sehingga cocok untuk diterapkan di rumah dengan gaya apapun. Kamu cukup menggunakan ta