7 Tips Jitu Membuat Rumah Desain Industrial Yang Tepat

Desain rumah industrial memang terkadang cukup sulit diterapkan di rumah, terutama bagi kamu yang masih awam. Untuk itu agar rumah kamu tidak tampak seperti rumah yang belum jadi karena penerapan desain industrial yang salah, kali ini Homeplan akan membantu kamu memberikan beberapa tips penting. Yuk langsung aja disimak pembahasannya!

tips membuat rumah desain industrial dengan tepat agar tidak terlihat buruk
Photo by Anastase Maragos

Saat ini desain industrial sedang cukup populer di Indonesia. Desain ini dapat memberikan tampilan yang unik dan menarik sehingga tidak heran banyak orang yang menyukainya. Selain di rumah desain ini juga biasanya diterapkan di restoran maupun cafe untuk memberikan kesan yang berbeda dan instagrammable.


Namun sebelum kamu memilih dan mengubah desain rumah kamu menjadi desain industrial ada baiknya untuk memahami desain ini terlebih dahulu. Ciri khas yang ditonjolkan dari desain industrial adalah finishing yang minimal, desain interior ekspos, hingga pengoptimalan barang bekas. Jika kamu sudah memahaminya maka kamu siap untuk membuat desain industrial di rumah kamu. Nah untuk memaksimalkannya, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat ingin mendesain rumah kamu. Simak penjelasannya di bawah ya!


1. Penggunaan Warna Monokrom

penggunaan warna monokrom atau abu abu untuk memberikan kesan industrial yang kuat
Photo by Lindsey LaMont

Warna monokrom adalah salah satu warna yang paling umum digunakan pada desain industrial. Warna monokrom terlihat simpel dan tidak terlalu mencolok sehingga cocok untuk desain industrial. Namun selain warna monokrom kamu juga bisa menggunakan warna lain seperti abu-abu, kuning hangat, ataupun merah bata.


2. Pemanfaatan Barang Daur Ulang

penggunaan barang daur ulang untuk memberikan kesan industrial yang kuat
Photo by pvproductions

Barang daur ulang seperti meja atau kursi yang sudah tidak terpakai ternyata bisa kamu jadikan sebagai dekorasi loh. Cara ini terbukti dapat memperkuat konsep industrial di rumah kamu. Namun pastikan dekorasi tersebut sudah kamu bersihkan dan masih terlihat cukup bagus ya agar tidak memperburuk tampilan rumah. Selain itu, kamu juga bisa kok membeli dekorasi dari barang daur ulang di toko toko material tertentu di sekitar rumah kamu.


3. Pencahayaan Yang Tepat

pencahayaan yang tepat untuk memberikan kesan industrial yang kuat
Photo by Toa Heftiba

Elemen desain interior tidak hanya terpusat pada furnitur ataupun peletakan barang saja loh. Pencahayaan juga ternyata berperan penting dalam membuat konsep industrial semakin menonjol dan menarik. Untuk membuat desain industrial menjadi semakin maksimal, kamu bisa menggunakan lampu bohlam berwarna kuning untuk memberikan kesan hangat pada rumah.


4. Gunakan Material Ekspos

penggunaan material ekspos untuk memberikan kesan industrial yang kuat
Photo by Derick McKinney

Bata ekspos merupakan salah satu material yang cukup sering digunakan untuk membuat desain industrial. Cara ini memang cukup manjur dan dapat memberikan kesan yang menarik terutama untuk konsep desain industrial. Selain itu kamu juga bisa membuat kabel-kabel listrik di rumah menjadi terlihat untuk menambah kesan ekspos. Namun pastikan ini semua tetap terlihat rapi dan bersih ya!


5. Tonjolkan Material Beton, Logam, Dan Kayu

penggunaan material kayu beton atau logam untuk memberikan kesan industrial yang kuat
Photo by Frankie

Selain material yang diekspos seperti batu bata kamu juga bisa menonjolkan material logam, beton, dan kayu untuk memberikan kesan industrial yang kuat. Material beton bisa kamu tonjolkan dari kolom rumah ataupun dari plafon beton, sedangkan material logam bisa kamu tonjolkan dari meja, gantungan lampu, maupun kursi. Dan material kayu juga bisa kamu tonjolkan melalui struktur plafon, meja, ataupun furnitur lainnya.


6. Perlihatkan Struktur Rumah

memperlihatkan struktur bangunan untuk memberikan kesan industrial yang kuat
Photo by Paul Hanaoka

Menampilkan struktur rumah seperti kolom, balok, hingga pipa bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan desain industrial. Namun cara ini harus kamu perhatikan dengan baik agar tampilan rumah tidak terlihat seperti rumah yang belum jadi. Buat struktur rumah serapih mungkin dan tetap terlihat bersih. Kamu juga bisa mengecat bagian-bagian tertentu seperti pipa saluran air menjadi berwarna abu-abu ataupun hitam.


7. Pemilihan Material Lantai