7 Tips Dekorasi Kamar Berukuran Kecil Agar Terlihat Menarik

Diperbarui: 25 Jun 2021

Rumah berukuran sederhana dapat dengan mudah kita temui di sekitar kita. Dengan ukurannya yang kecil, biasanya ruangan di dalam rumah pun juga harus menyesuaikan dengan ukuran rumah, termasuk kamar tidur. Namun meskipun ukurannya yang kecil bukan berarti kamar yang kecil tidak dapat kamu buat menjadi tampak menarik loh.

kamar tidur berukuran kecil yang menarik
Photo by Josh McLove

Karena kamar adalah tempat favorit bagi kebanyakan orang, oleh karena itu jangan sampai kamar kamu terasa tidak nyaman ya. Untuk itu, kamu harus membuat kamar mungil kamu menjadi tempat yang nyaman dengan melakukan dekorasi dengan tepat. Kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk membuatnya menjadi tempat yang sangat nyaman. Nah kali ini Homeplan akan memberikan tips untuk mendekorasi kamar tidur kamu agar membuatnya menjadi tampak luas dan nyaman untuk berlama lama. Langsung aja yuk disimak!


1. Gunakan Warna Netral

dekorasi kamar tidur kecil dengan dekorasi warna netral
Photo by SHOP SLO®

Menggunakan warna netral pada kamar tidur sangat cocok diterapkan untuk kamu yang menyukai ketenangan dan kenyamanan. Dengan menggunakan warna netral, pikiran kamu akan menjadi lebih rileks, sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak. Kamu bisa menggunakan warna-warna seperti putih, coklat muda, atau krem. Selain itu warna putih juga bisa memberikan kesan luas pada kamar tidur kamu. Dan pastikan kamu tidak mengombinasikan terlalu banyak warna pada kamar tidur kamu ya!


2. Memanfaatkan Cahaya Alami

dekorasi kamar tidur kecil dengan dekorasi cahaya alami
Photo by Im3rd Media

Cahaya adalah salah satu faktor penting yang harus kamu penuhi di rumah kamu. Tidak hanya kamar tidur, namun semua ruangan di rumah kamu sebaiknya diberi pencahayaan yang baik. Khusus untuk kamar tidur dengan ukuran yang kecil, kamu bisa menggunakan pencahayaan alami untuk membuat kamar kamu menjadi lebih nyaman dan sejuk. Dengan menggunakan cahaya alami pun kamu bisa menjadi lebih sehat saat sedang berlama-lama di kamar.


3. Menata Barang Secara Vertikal

dekorasi kamar tidur kecil dengan dekorasi vertikal
Photo by Côté Maison

Untuk membuat kamar tidur kamu terlihat luas dan tidak berantakan cara yang paling mudah adalah menatanya dengan baik. Kamu bisa menggunakan cara menata secara vertikal sehingga membuat ruangan kamu terasa luas dan nyaman. Selain itu, kamu juga bisa loh menggunakan kasur tingkat atau menggunakan mezanin agar kamu memiliki space kosong di bawah kasur kamu. Selain membuatnya tampak luas, metode ini juga membuat kamar tidur kamu tampak menarik dan nyaman untuk ditempati.


4. Menggunakan Pintu Geser

dekorasi kamar tidur kecil dengan dekorasi pintu geser
Photo by Mountain Modern Life

Pintu geser berbahan kaca atau kayu bisa kamu jadikan sebagai pilihan dekorasi untuk kamar tidur mungil kamu. Dengan menggunakan pintu jenis ini, ruangan di kamar kamu tidak akan termakan oleh daun pintu saat membukanya, sehingga menjadikannya lebih luas. Pintu geser juga memberikan kesan elegan dan menarik loh, jadi tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba dekorasi yang satu ini.


5. Pemilihan Furnitur Minimalis

dekorasi kamar tidur kecil dengan dekorasi furnitur minimalis
Photo by Christoper Jolly

Memilih furnitur yang tepat adalah hal yang harus kamu perhatikan secara teliti agar tidak membuat kamu menyesal nantinya. Menggunakan furnitur minimalis untuk ruangan yang sempit adalah pilihan yang tepat. Karena dengan furnitur minimalis, kamar kamu akan terlihat lebih menarik dan luas.


6. Pilih Motif Dan Warna Sprei Dengan Tepat

dekorasi kamar tidur kecil dengan dekorasi motif sprei dan bantal
Photo by Lauren Haden

Kasur dan bantal adalah sesuatu yang paling dominan di dalam kamar tidur. Untuk itu, kamu harus bisa memilih motif dan warna sprei dan sarung bantal yang tepat agar kombinasi di dalam kamar tidur kamu terlihat serasi. Dengan begitu kamar kamu akan terasa lebih nyaman dan terlihat menarik.