7 Tips dan Trik Renovasi Rumah Hemat Biaya

Diperbarui: 23 Jul 2021

Melakukan renovasi rumah memang bukanlah hal yang sepele. Kamu harus benar-benar menyiapkan semua hal yang dibutuhkan, mulai dari estimasi budget, kebutuhan bahan-bahan material, hingga mencari tukang yang akan dipekerjakan.

tips dan trik melakukan renovasi rumah yang hemat biaya
Photo by Milivoj Kuhar

Kamu juga harus tau bagian mana saja yang perlu diperbaiki apakah hanya perlu melakukan pengecatan ulang atau bisa jadi kamu harus merombak dinding kamu secara total? Jangan sampai ada hal penting yang terlewat karena jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi bisa-bisa kamu harus mengeluarkan waktu dan uang ekstra untuk kembali memperbaiki rumah kamu.


Untuk mencegah kejadian buruk terjadi, Homeplan mau ngasih kamu tips dan trik simpel nih buat kamu yang ingin melakukan renovasi rumah, langsung aja yuk disimak!


1. Mengecek Setiap Bagian Rumah

tips renovasi rumah pertama mengecek sudut rumah
Photo by Pawel Czerwinski

Kamu harus mengecek setiap bagian rumah hingga ke sudut-sudutnya ya agar kamu bisa menghitung dan mengira-ngira berapa budget yang kamu perlukan untuk renovasi rumah. Karena tidak jarang juga kejadian dimana ada bagian rumah yang sudah tidak layak namun tidak diperbaiki saat melakukan renovasi. Hal ini dikarenakan kurangnya ketelitian saat mengecek rumah, wah sayang banget kan kalo sampe kejadian seperti itu.


Kalo kamu bingung bagian mana saja yang perlu dicek kamu bisa kok konsultasi ke tukang atau orang yang sudah berpengalaman di bidang konstruksi. Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi Homeplan untuk melakukan konsultasi dengan profesional tanpa biaya apapun.

2. Menyiapkan Keuangan dengan Baik

tips renovasi rumah kedua menyiapkan keuangan
Photo by Scott Graham

Salah satu hal yang paling penting dalam melakukan renovasi rumah adalah keuangan atau budgeting. Selain harus mempunyai uang, kamu juga harus bisa mengatur dan mengalokasikan uang kamu dengan tepat nih.


Untuk mengetahui detail apa saja yang diperlukan, kamu bisa mencoba membuat laporan rencana anggaran biaya (RAB) yang simpel. Jika kamu tidak mengerti cara membuat RAB kamu bisa meminta bantuan tukang atau konsultan bangunan. saat ini juga sudah banyak jasa online yang menawarkan jasa perhitungan RAB. Salah satunya adalah aplikasi Homeplan yang dapat mengestimasi RAB secara otomatis.


Selain RAB kamu juga harus menyiapkan dana darurat minimal 10% untuk simpanan kamu. Dana darurat ini digunakan jika ada sesuatu yang tidak terduga, seperti bahan material yang kurang atau perlu perbaikan tambahan pada bagian tertentu.


3. Mencari Jasa Tukang yang Sesuai

tips renovasi rumah ketiga memilih jasa tukang bangunan yang sesuai
Photo by Mark Potterton

Mencari jasa tukang adalah hal yang gampang gampang susah, karena sebenarnya ada banyak jasa tukang yang dapat kita temukan, namun sulit untuk menemukan tukang yang berkualitas. Karena terkadang ada oknum tukang yang bekerja dengan sangat buruk, ada yang bisa hilang di tengah-tengah jalannya proyek sehingga proyek pun harus terhenti dan kamu butuh biaya ekstra, hal ini tentu sangat menjengkelkan.


Untuk itu kamu harus benar-benar memilih dengan bijaksana, coba cari berdasarkan rekomendasi teman kamu atau tetangga, jika kamu lebih memilih untuk mencari tukang secara online kamu harus bertanya proyek apa saja yang pernah dikerjakan tukang tersebut dan juga perhatikan rating yang ada.

4. Pilih Metode Pembayaran Tukang yang Sesuai

tips renovasi rumah keempat menentukan metode pembayaran tukang bangunan
Photo by Jeriden Villegas

Pembayaran borongan biasanya dihitung per m2 dan waktu pengerjaannya telah ditentukan sesuai kesepakatan awal. Sehingga pembayaran tidak akan dihitung berdasarkan berapa lama proyek dikerjakan.


Sedangkan untuk sistem pembayaran harian, dihitung berdasarkan berapa hari pekerjaan dilakukan dan tidak menghitung luas rumah yang akan dikerjakan. Biasanya pekerjaan dengan sistem borongan memakan biaya yang lebih sedikit terutama untuk proyek renovasi besar. Namun jika renovasi yang kamu butuhkan hanya sebagian kecil dari rumah kamu lebih baik kamu menggunakan sistem pembayaran harian.

5. Konsultasi dengan Profesional

tips renovasi rumah kelima melakukan konsultasi dengan profesional
Photo by NeONBRAND

Untuk mencari jasa konsultasi, kamu bisa mencarinya di internet atau perusahaan konstruksi. Namun biasanya kamu harus mengelurkan isi dompet kamu lagi jika ingin melakukan konsultasi Jika kamu ingin menghemat uangmu kamu bisa menggunakan aplikasi Homeplan, untuk melakukan konsultasi langsung dengan ahlinya.

6. Bandingkan Harga Bahan Bangunan di Lokasi yang Berbeda

tips renovasi rumah keenam bandingkan harga bahan bangunan di setiap toko bangunan
Photo by Annie Spratt

Hal ini tentunya akan sangat merugikan kamu dan membuat pengeluaran menjadi lebih besar. Sebaiknya kamu mengunjungi minimal 2 atau 3 toko bangunan di dekat lokasi kamu sebelum menentukan toko bangunan yang ingin kamu jadikan penyedia bahan bangunan kamu.


Atau mungkin kamu juga bisa melihat perbandingan harga di toko online, dan sekalian membelinya dari toko online. Namun perlu diperhatikan jika kamu membeli secara online, kamu tidak dapat melihat kualitas bahan bangunan yang ingin kamu beli.

7. Lakukan Renovasi di Waktu yang Tepat

tips renovasi rumah ketujuh memilih waktu yang tepat
Photo by Lukas Blazek

Memilih waktu renovasi juga bisa membuat kamu lebih hemat biaya dan waktu. Hindari melakukan renovasi rumah saat sedang musim hujan, karena saat musim hujan, tukang akan kesulitan dalam melakukan pekerjaannya. Belum lagi jika bahan bangunan yang sudah kamu beli menjadi rusak karena diletakkan di luar ruangan.


Hal tersebut harus kamu hindari agar kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan.


Lalu bagaimana jika kamu sudah terdesak harus melakukan renovasi rumah secepatnya di saat musim hujan sedang berlangsung?


Kamu bisa melakukan beberapa pencegahan agar bahan bangunan kamu aman dan tidak rusak. Seperti memasukkannya ke dalam gudang atau tutupi bahan bangunan dengan terpal, memasang atap sementara untuk rumah yang sedang direnovasi.

Dan yang terakhir, jangan menuntut tukang untuk bekerja tergesa-gesa, karena hal tersebut justru membuat hasil pekerjaan memiliki kualitas yang buruk dan tidak maksimal.

 


Itulah beberapa tips dan trik yang dapat Homeplan berikan untuk kamu, semoga bahasan kali ini bisa membantu kamu dalam melakukan renovasi rumah ya!

Kalo kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi mau renovasi rumah loh, kunjungi juga akun sosial media Homeplan dan jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya!

Artikel terbaru

Kategori lainnya