7 Tips Dan Trik Mengatur Pencahayaan Di Rumah Agar Tetap Nyaman

Pencahayaan merupakan salah satu elemen penting dalam keindahan serta kenyamanan di rumah. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengaturnya dengan baik dan benar. Nah, kali ini Homeplan akan membantu kamu mengatur pencahayaan yang tepat untuk rumah kamu, langsung aja disimak pembahasannya di bawah ya!

tips dan trik mengatur pencahayaan di rumah yang tepat dan terlihat nyaman
Photo by Ralph (Ravi) Kayden

Salah satu elemen penting yang cukup sering dilupakan dalam dekorasi rumah adalah pencahayaan. Selain itu, masih banyak juga masyarakat awam yang tidak begitu paham cara mengatur pencahayaan yang tepat di rumahnya. Sehingga terkadang rumah yang sudah memiliki desain yang baik menjadi tidak maksimal karena pencahayaan rumah yang kurang tepat dan tidak sesuai.


Padahal dengan mengatur pencahayaan di rumah dengan benar bisa membuat rumah kamu terasa semakin luas, nyaman, dan juga dapat membuat rumah menjadi sehat loh! Banyak sekali bukan manfaatnya, jadi sebisa mungkin kamu membuat pencahayaan di rumah kamu menjadi sebaik mungkin, tapi bagaimana caranya? Tenang saja, karena kali ini Homeplan akan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan di rumah. Yuk langsung disimak di bawah!


1. Tentukan Jenis Lampu

menentukan jenis lampu yang tepat untuk memberikan kenyamanan di rumah
Photo by Paulette Wooten

Sebelum membeli lampu ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu beberapa jenis lampu yang biasanya dijual di pasaran. Jenis lampu yang paling umum digunakan untuk rumah adalah lampu pijar atau bohlam, lampu LED, dan lampu neon. Setiap jenis lampu memiliki karakteristiknya tersendiri seperti lampu bohlam yang dapat memberikan warna kuning hangat dalam ruangan. Sedangkan neon dan LED dapat memberikan warna putih kebiruan yang cukup terang.


2. Ketahui Intensitas Cahaya Lampu

memahami intensitas lampu untuk memberikan kenyamanan di rumah
Photo by Francesca Tosolini

Setiap lampu memiliki intensitas cahaya yang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh faktor konsumsi daya yang dapat digunakan dari lampu tersebut. Bagi kamu yang memiliki ruang yang cukup luas kamu bisa menggunakan lampu dengan intensitas cukup tinggi agar cahaya dapat menjangkau setiap sudut ruangan. Sebaliknya jika ruangan di rumah kamu tergolong kecil, sebaiknya gunakan lampu dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi agar tidak menyilaukan mata.


3. Pemanfaatan Cahaya Alami

memanfaatkan cahaya alami untuk memberikan kenyamanan di rumah
Photo by Francesca Tosolini

Selain lampu kamu juga bisa memanfaatkan cahaya alami dari matahari untuk membuat rumah kamu tetap terang. Cara ini cukup direkomendasikan karena dapat menghemat listrik di rumah kamu. Selain itu, cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah juga bisa menyehatkan penghuni di rumah kamu loh. Jamur dan bakteri yang ada di dalam rumah kamu akan sulit berkembang biak karena efek dari cahaya matahari.


4. Pahami Warna Lampu

ketahui warna lampu untuk memberikan kenyamanan di rumah
Photo by Francesca Tosolini

Ada dua warna cahaya utama yang dihasilkan lampu yaitu putih kebiru-biruan hingga kuning kemerahan. Warna tersebut biasanya disebut warna cool dan warm, kedua jenis warna harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga konsep ruangan di rumah kamu. Dengan menerapkan warna lampu dengan tepat, rumah kamu pun akan terlihat menarik dan nyaman untuk dipandang.


5. Sesuaikan Dengan Ruangan

sesuaikan lampu dengan ruangan untuk memberikan kenyamanan di rumah
Photo by Ralph (Ravi) Kayden

Kemudian setelah kamu memahami beberapa konsep dasar dari lampu, kamu bisa menyesuaikannya dengan ruangan di rumah kamu. Sebagai contoh kamu ingin menerapkan pencahayaan di gudang rumah kamu, maka gunakanlah lampu bohlam yang berwarna kuning (warm). Kamu juga bisa menggunakan pencahayaan alami untuk ruang tamu atau ruang keluarga sehingga keluarga kamu dapat berkumpul dengan nyaman dan sehat.


6. Sesuaikan Dengan Konsep

sesuaikan lampu dengan konsep ruangan untuk memberikan kenyamanan di rumah
Photo by Sidekix Media