7 Tips Cerdas Renovasi Kamar Mandi Murah Berkualitas

Kamu ingin merenovasi kamar mandi di rumah agar terlihat baru tapi tetap murah? Tenang aja, kamu bisa kok membuat kamar mandi di rumah kamu menjadi tampak baru dan tetap berkualitas dengan cara berikut, simak penjelasannya ya!

tips cerdas renovasi kamar mandi biaya minim namun tetap berkualitas
Photo by Steven Ungermann

Kamar mandi adalah salah satu ruangan esensial yang harus ada di setiap rumah. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang ingin membuat kamar mandinya tetap nyaman dan bersih. Membersihkan kamar mandi adalah salah satu cara yang wajib dilakukan, namun meski begitu terkadang penghuni rumah merasa bosan dengan tampilan kamar mandi yang itu-itu saja.


Nah jika kamu merasakan hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mengubah tampilan kamar mandi dengan merenovasinya. Karena merenovasi kamar mandi tidak terlalu sulit dan kamu bisa mengeluarkan biaya yang minim loh. Bahkan kamu bisa melakukannya sendiri jika ingin menekan biaya secara drastis. Mau tahu caranya? Langsung aja simak pembahasannya di bawah ya!


1. Tentukan Ukuran Kamar Mandi

tentukan ukuran kamar mandi sebelum melakukan renovasi kamar mandi
Photo by Sherman Yang

Sebelum memulai renovasi pastikan dulu seberapa luas ukuran kamar mandi di rumah kamu. Cara ini akan membuat kamu bisa menentukan dengan jelas berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan. Selain itu data ukuran kamar mandi juga sangat penting terutama bagi pekerja yang akan melakukan renovasi. Jadi dengan mengetahui data ini pun kamu akan lebih mudah melakukan konsultasi dengan para penyedia jasa renovasi.


2. Tentukan Prioritas

tentukan prioritas saat ingin melakukan renovasi kamar mandi
Photo by Patrick Perkins

Prioritas dalam melakukan renovasi rumah adalah hal wajib yang perlu kamu buat. Mengapa demikian? Karena dengan menentukan prioritas kamu akan mengetahui bagian mana saja yang benar-benar perlu diganti secepatnya. Selain itu cara ini juga membuat kamu lebih memahami bagian mana saja di kamar mandi yang masih bagus sehingga kamu tidak perlu mengganti semua bagian kamar mandi dan meminimalisir biaya yang harus kamu keluarkan.


3. Gunakan Shower

menggunakan shower sebagai peralatan mandi untuk memberikan kesan elegan namun tetap murah
Photo by kevin Baquerizo

Shower adalah salah satu peralatan mandi yang bisa membuat kamar mandi terlihat mewah dan elegan. Meski begitu kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya, karena saat ini sudah banyak shower dengan harga murah namun berkualitas di pasaran. Selain itu penggunaan shower juga bisa menghemat biaya air di rumah loh.


4. Pilih Keramik Sebagai Penutup Dinding Dan Lantai

memilih keramik sebagai material penutup dinding dan lantai agar tetap awet
Photo by Francesca Tosolini

Salah satu cara membuat kamar mandi terlihat mewah dan elegan namun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya adalah dengan menggunakan material keramik. Pilihlah keramik yang tahan terhadap air dan juga tidak licin. Kamu juga bisa memilih keramik dengan motif batu alam yang cukup populer saat ini sehingga membuat tampilan kamar mandi terasa mewah.


5. Gunakan Cermin

cermin untuk memberikan kesan elegan dan juga luas pada kamar mandi
Photo by Chastity Cortijo

Cermin dapat memberikan kesan luas pada ruangan, selain itu cermin juga bisa membuat tampilan ruangan terasa elegan loh. Kamu bisa menggunakan cermin yang berukuran cukup besar untuk memaksimalkannya. Selain itu penggunaan material kaca juga bisa membuat kamar mandi terasa mewah, kamu bisa menggunakan kaca sebagai sekat pembatas antara area basah dan kering.


6. Jangan Ganti Barang Yang Masih Dapat Digunakan

gunakan kembali barang yang masih dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran
Photo by James Lee

Salah satu cara untuk menghemat biaya melakukan renovasi kamar mandi adalah dengan menggunakan kembali barang yang masih dapat digunakan. Salah satu barang yang biasanya masih dapat digunakan adalah pipa air, WC, ataupun wastafel. Namun kamu juga tidak boleh terlalu menghemat ya karena jika barang sudah terlihat rusak atau tampilannya yang sudah buruk sebaiknya kamu menggantinya saja dengan yang baru.


7. Pilih Material Yang Sedang Diskon

beli material yang sedang diskon agar mendapatkan harga murah namun tetap berkualitas
Photo by Artem Beliaikin

Memilih material dengan harga diskon adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya renovasi. Namun jika kamu mau melakukan cara ini pastikan kamu memiliki waktu luang untuk mencari barang yang sedang diskon. Karena seperti yang kita tahu diskon tidak ada setiap hari bukan. Dan pastikan juga barang yang didiskon memang benar diskon, karena saat ini sudah banyak trik yang terlihat seperti diskon namun ternyata tidak ada potongan harga sama sekali.


Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan saat ingin merenovasi kamar mandi di rumah dengan biaya yang minim. Semoga bisa bermanfaat ya! Jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya untuk mendapatkan inspirasi desain rumah yang tepat. Download di sini sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya