7 Tipe Rumah Terpopuler Di Indonesia, Pahami Sebelum Membeli

Kamu ingin membeli rumah tapi bingung memilih tipe rumah yang sesuai? Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu 7 tipe rumah yang paling umum di Indonesia. Yuk simak bahasannya di bawah!

jenis tipe rumah yang populer dan mudah ditemui di indonesia
Photo by Rendy Novantino

Ada berbagai tipe rumah yang bisa kamu pilih saat ingin membelinya, terutama di daerah perumahan. Mulai dari tipe rumah 21, 36, hingga 45. Namun apakah kamu sudah tahu apa itu tipe rumah? Secara umum tipe rumah menggambarkan ukuran luas dari rumah tersebut, jadi untuk rumah tipe 36 memiliki luas sekitar 36 m2 dan tipe 45 memiliki luas sekitar 45 m2.


Nah bagi kamu yang masih belum tau ada berapa tipe rumah yang biasanya ditawarkan developer rumah, tidak usah bingung. Karena kali ini Homeplan akan membahas 7 tipe rumah yang umum di Indonesia. Yuk disimak penjelasannya di bawah!


1. Rumah Tipe 21 / 24

tipe rumah 21 atau 24 yang cukup populer dan sangat minimalis
Source: rumah123.com

Tipe rumah yang paling kecil yaitu tipe 21 / 24, rumah bertipe ini memiliki luas antara 21 sampai 24 meter persegi. Dengan dimensi antara 3x7 atau 4x6 meter. Tipe rumah ini merupakan tipe rumah sederhana yang hanya bisa dibuat 1 kamar saja jika tidak memiliki lantai tambahan. Tipe rumah ini biasanya cocok dijadikan sebagai tempat tinggal bagi kamu yang masih sendiri ataupun sebagai investasi karena harganya yang murah.


2. Rumah Tipe 36

rumah tipe 36 yang sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat kelas menengah
Source: rumah123.com

Selanjutnya ada tipe rumah yang paling populer dan paling umum ditemui dan yang paling banyak diminati. Rumah dengan tipe ini biasanya memiliki dimensi 6x6 meter dan memiliki 2 kamar tidur. Tipe rumah ini merupakan rumah sederhana yang cocok untuk pasangan yang baru saja menikah ataupun keluarga kecil. Tipe rumah ini sangat cocok untuk dijadikan investasi karena permintaan rumah dengan tipe ini cukup tinggi, sehingga lebih mudah untuk menjual ataupun menyewakannya.


3. Rumah Tipe 45

rumah tipe 45 yang cukup luas dan banyak ditemui di perumahan
Source: rumah123.com

Dengan luas 45 meter persegi, rumah bertipe 45 ini sangat cocok untuk keluarga kecil dan terasa lebih leluasa dibandingkan rumah tipe 36. Rumah tipe ini biasanya digemari masyarakat dengan ekonomi kelas menengah karena memiliki spesifikasi yang lebih baik dan harga yang lebih mahal. Dimensi dari rumah tipe 45 adalah 6x7,5 meter sehingga dapat memiliki halaman yang lebih luas di depan rumah. Rumah tipe ini lebih cocok untuk dijadikan sebagai rumah tinggal dengan keluarga dibanding sebagai investasi, meskipun tidak ada salahnya menjadikan rumah ini sebagai investasi.


4. Rumah Tipe 54

rumah tipe 54 memiliki ukuran yang luas cocok untuk keluarga besar
Source: Tagar Berita

Kemudian pilihan tipe rumah lainnya yang cukup populer di masyarakat kelas menengah hingga menengah ke atas adalah rumah tipe 54. Rumah tipe ini bisa dibuat dengan memiliki 3 kamar tidur sehingga cocok bagi keluarga yang cukup besar. Dimensi dari tipe rumah ini biasanya adalah 9x6 meter.


5. Rumah Tipe 60

rumah tipe 60 mirip seperti tipe 54 namun sedikit lebih luas
Source: Pinterest

Tipe rumah 60 memiliki luas yang tidak berbeda jauh dengan tipe 54 sehingga spesifikasi dari rumah ini juga biasanya tidak terlalu berbeda jauh dengan rumah tipe 54. Memiliki dimensi 6x10 meter dan cukup untuk 3 kamar tidur di dalamnya. Rumah tipe ini juga biasanya banyak diminati oleh masyarakat kelas menengah hingga menengah atas dan lebih cocok untuk dijadikan sebagai tempat tinggal terutama untuk keluarga yang cukup besar.


6. Rumah Tipe 70

rumah tipe 70 dengan ukuran yang luas cocok untuk keluarga besar
Source: 99.co

Selanjutnya ada rumah tipe 70 dengan luas 70 meter persegi dengan dimensi yang cukup beragam. Mulai dari 7x10 meter hingga 5x14 meter, tergantung dari developer yang membangunnya. Dengan pilihan tersebut kamu pun bisa lebih fleksibel dalam memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Karena rumah ini cukup luas, biasanya developer juga mengakalinya dengan membuat rumah menjadi 2 lantai. Bagi kamu yang tertarik dengan rumah tipe 70, siap-siap merogoh kocek yang cukup tinggi ya karena target pasar dari rumah tipe ini adalah kelas menengah atas.


7. Rumah Tipe 120

rumah tipe 120 yang sudah digolongkan sebagai rumah mewah
Source: rumah123.com

Dan yang terakhir adalah rumah tipe 120 dan sudah tergolong ke dalam rumah mewah. Memiliki luas yang besar yaitu 120 meter persegi sangat cocok untuk dijadikan rumah untuk keluarga besar dengan banyak penghuni di dalamnya. Sama seperti rumah tipe 70, dimensi yang ditawarkan rumah tipe ini juga cukup bervariasi mulai dari 12x10, 8x15, dan terkadang developer juga mengakalinya dengan membuatnya menjadi rumah tingkat. Rumah tipe 120 sangat cocok bagi kamu yang ingin bereksperimen dengan gaya desain yang ingin kamu hadirkan di dalam rumah karena ukurannya yang luas membuat kita menjadi lebih leluasa.


Nah itulah ketujuh tipe rumah yang paling umum dan paling banyak diminati di Indonesia terutama di kawasan perumahan. Apakah kamu sudah memutuskan untuk membeli rumah tipe berapa?


Jangan lupa untuk mendownload aplikasi Homeplan di App Store dan Play Store ya. Dengan Homeplan kamu bisa melakukan konsultasi tentang renovasi rumah secara gratis langsung ke ahlinya loh. Jadi tunggu apa lagi, yuk download Homeplan di sini sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya