7 Rekomendasi Jenis Batu Alam Yang Dapat Mempercantik Rumah

Batu alam adalah salah satu material bangunan yang banyak digunakan untuk mempercantik dan mendekorasi rumah. Beberapa jenis batu alam dapat membuat rumah tampak lebih mewah dan elegan. Simak beberapa rekomendasi jenis batu alam pada artikel berikut!

beberapa jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah
Photo by Carl GARTMAN

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik rumah, salah satunya adalah dengan menggunakan batu alam. Penggunaan batu alam sudah cukup banyak digunakan sebagai material rumah sejak zaman dahulu. Selain karena memiliki kekuatan yang baik dan tahan lama, batu alam juga bisa memberikan kesan mewah serta elegan pada rumah kamu. Sehingga tidak heran penggunaan batu alam masih terus dipertahankan hingga saat ini.


Batu alam juga memiliki beragam jenis yang memiliki karakteristik dan ciri khasnya tersendiri. Lalu apa saja jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah kamu? Tidak usah bingung, karena kali ini Homeplan akan memberikan beberapa rekomendasi jenis batu alam yang cocok digunakan untuk mempercantik rumah kamu. Simak ulasannya di bawah ya!


1. Batu Marmer

batu marmer adalah jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah
Photo by Simona Sergi

Salah satu jenis batu alam yang paling terkenal karena keindahannya untuk membuat rumah terasa begitu mewah dan elegan. Memiliki tekstur yang halus dengan gabungan warna dan corak yang begitu indah merupakan salah satu karakteristik dari batu alam ini. Batu alam ini cocok untuk digunakan di berbagai tempat di rumah kamu seperti lantai rumah, meja dapur, hingga dinding. Bagi kamu yang ingin menggunakan batu alam jenis ini, pastikan jangan menggunakannya di luar ruangan karena batu marmer cukup sensitif terhadap perubahan suhu dan cuaca.


2. Batu Granit

batu granit adalah jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah
Source: Pinterest

Batu granit merupakan batu alam yang memiliki pori-pori kecil sehingga membuatnya tahan terhadap perubahan cuaca dan suhu. Batu alam jenis ini juga mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor sehingga cocok untuk digunakan di dalam maupun luar ruangan. Kamu bisa menggunakan batu granit pada lantai maupun dinding.


3. Batu Andesit

batu andesit adalah jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah
Source: Pinterest

Batu andesit juga salah satu batu yang cukup umum digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Batu jenis ini memiliki tekstur yang keras dan sangat kuat, selain itu batu ini juga tahan terhadap berbagai cuaca, jamur, hingga lumut. Batu ini berwarna gelap sehingga cocok untuk dijadikan dekorasi pada rumah yang mengusung tema modern minimalis.


4. Batu Paras Jogja

batu paras jogja adalah jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah
Source: Pinterest

Batu paras jogja biasanya digunakan untuk menghias dinding rumah di dalam ruangan. Batu ini memiliki dua warna yaitu krem dan putih sehingga terlihat begitu mempesona. Namun batu paras jogja memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga tidak cocok untuk digunakan di luar ruangan karena dapat menjadi tempat bertumbuhnya lumut.


5. Batu Candi

batu candi adalah jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah
Source: Pinterest

Memiliki nama yang cukup unik, batu candi memiliki karakteristik yang mirip dengan dinding pada candi sehingga dinamakan demikian. Batu jenis ini cukup mudah dirawat dan harganya yang relatif murah menjadikannya cukup diminati. Kamu bisa menggunakan batu ini untuk mempercantik bagian luar rumah maupun bagian dalam rumah kamu.


6. Batu Templek

batu templek adalah jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah
Source: Pinterest

Berasal dari daerah Purwakarta dan Garut, batu templek populer digunakan sebagai penghias dinding rumah karena teksturnya yang padat dan keras. Batu ini bisa kamu gunakan untuk mempercantik bagian da