7 Pertanyaan Yang Harus Kamu Tanyakan Kepada Kontraktor

Diperbarui: 25 Jun 2021

Kamu memiliki rencana melakukan renovasi rumah dalam waktu dekat dan merasa sudah sangat siap. Mulai dari desain, dana renovasi, hingga penjadwalan sudah semuanya disiapkan. Namun kamu masih harus menentukan kontraktor atau mandor yang akan kamu pekerjakan di proyek rumah kamu.

bertanya kepada kontraktor agar renovasi lancar
Photo by LinkedIn Sales Solutions

Jika kamu masih berpikir memilih kontraktor itu mudah, lebih baik kamu coba untuk memikirkannya lagi. Karena tidak jarang proyek konstruksi gagal karena kesalahan pemilik rumah dalam memilih kontraktor. Kegagalan tersebut biasanya diakibatkan oleh berbagai macam faktor seperti hasil konstruksi tidak sesuai dengan desain, waktu pekerjaan tidak sesuai dengan target, dan sebagainya.


Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk mempekerjakan kontraktor, kamu bertanya beberapa hal yang harus kamu ketahui. Nah kali ini Homeplan akan memandu kamu memilih pertanyaan yang harus kamu tanyakan ke kontraktor. Yuk langsung aja disimak!


1. Proyek Yang Telah Dikerjakan

bertanya proyek yang sudah dikerjakan kontraktor
Photo by Brett Jordan

Mengetahui proyek apa saja yang sudah dikerjakan adalah hal paling utama yang perlu kamu ketahui. Karena dengan mengetahui portofolio kontraktor, kamu bisa mengetahui kualitas pekerjaan kontraktor tersebut. Tanyakan lebih detail tentang pekerjaan tersebut seperti, seberapa rumit pekerjaan yang telah dikerjakan, apakah pernah ada proyek yang selesai tidak tepat waktu, dan komplain seperti apa yang sering didapatkan kontraktor.


Dan jika kontraktor pernah mengerjakan proyek di dekat daerah rumah kamu, coba tanyakan ke pemilik rumah tersebut untuk mengetahui lebih jelas pekerjaan kontraktor. Hal ini akan membuat kamu semakin memahami pekerjaan kontraktor.


2. Proses Pembayaran

bertanya proses pembayaran seperti apa yang diterima kontraktor
Photo by Sharon McCutcheon

Kontraktor biasanya memiliki harga jasa yang berbeda-beda, oleh karena itu kamu harus mengetahui berapa harga jasa yang perlu kamu keluarkan. Selain harganya, cara pembayaran kontraktor juga ternyata cukup bervariasi. Ada yang ingin dibayar per minggu, per hari, dan ada juga yang ingin dibayar saat proyek selesai dikerjakan namun dengan pembayaran DP sebelumnya.


Kamu perlu mengetahui hal ini dengan jelas agar tidak bingung saat ingin melakukan pembayaran. Hal ini juga harus kamu ketahui agar kamu tidak terlambat membayar kontraktor. Karena jika kamu terlambat, pastinya proyek renovasi kamu juga akan terganggu.


3. Jadwal Kerja

bertanya jadwal pekerjaan yang disiapkan kontraktor
Photo by Estée Janssens

Jadwal kerja yang perlu kamu pastikan adalah seberapa lama proses renovasi akan berjalan. Kamu harus menanyakan estimasi tanggal mulai dan tanggal selesai proyek renovasi rumah kamu. Selain itu, kamu juga harus mengetahui jadwal secara detail dari proses renovasi rumah kamu. Seperti kapan bagian lantai selesai dikerjakan, kapan bagian tembok dicat, dan lain sebagainya.


Kamu juga bisa bertanya mengenai solusi apa yang bisa dilakukan jika ada hal yang mempengaruhi jadwal renovasi menjadi terganggu. Dengan bertanya mengenai hal ini, kamu dapat mengetahui seberapa kompeten kontraktor tersebut dalam mengerjakan sebuah proyek.


4. Pemilihan Material Dan Kebutuhan Renovasi

bertanya pemilihan material dan kebutuhan renovasi
Photo by Jan Huber

Jika kamu sudah menentukan material apa saja yang ingin kamu gunakan, kamu bisa menanyakan kembali pendapat si kontraktor. Apakah dia setuju dengan pilihanmu, dan tanyakan juga alasannya. Jika kamu belum menentukannya, sebaiknya kamu bertanya sejak awal material kualitas seperti apa yang ingin digunakan si kontraktor dalam merenovasi rumah kamu.


5. Cara Komunikasi Dengan Kontraktor

bertanya model komunikasi yang ingin diterapkan kontraktor
Photo by Hassan OUAJBIR

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun untuk mengetahui laporan perkembangan renovasi rumah kamu harus melakukan komunikasi dengan kontraktor bukan? Nah agar laporan perkembangan lancar, ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu kepada kontraktor bagaimana model komunikasi yang ingin dilakukan. Apakah via chat, email, atau harus bertemu langsung dengan kontraktor?


6. Perjanjian Kerja

bertanya perjanjian kerja seperti apa yang ingin diterapkan
Photo by Scott Graham

Perjanjian kerja ini perlu kamu buat dalam setiap proyek yang dikerjakan. Hal ini berguna agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti proyek mangkrak. Kamu bisa mengisi perjanjian kerja dengan hal-hal penting seperti konsekuensi pelanggaran, lingkup pekerjaan, risk management, dan lainnya. Kamu bisa membuat perjanjian ini dengan menggunakan tanda tangan di atas materai agar lebih memiliki kekuatan hukum.


7. Garansi Yang Diberikan

garansi renovasi yang diberikan kontraktor
Photo by Toa Heftiba

Jasa kontraktor biasanya memberikan garansi dalam pekerjaannya. Namun hampir setiap kontraktor memiliki detail garansi yang berbeda-beda. Jadi hal ini penting untuk kamu tanyakan kepada kontraktor agar kamu bisa mengklaimnya sewaktu-waktu terdapat bagian bangunan yang rusak setelah renovasi selesai dilakukan.


Itulah beberapa pertanyaan yang wajib kamu tanyakan kepada kontraktor sebelum kamu memutuskan untuk mempekerjakannya. Selain untuk memastikan kontraktor yang kamu pilih terpercaya dan berkualitas, pertanyaan ini juga akan membantu kamu dalam mengatur pekerjaan renovasi rumah kamu. Jadi apakah kamu sudah siap dalam memilih kontraktor untuk merenovasi rumah kamu? Tulis di kolom komentar ya!


Jika kamu bingung mencari kontraktor, kamu bisa loh menggunakan jasa kontraktor dari Homeplan. Jasa kontraktor yang kami sediakan juga sudah terjamin karena sudah melewati proses seleksi yang cukup ketat. Jadi tunggu apalagi, yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya