7 Cara Termudah Membuat Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luas

Diperbarui: 25 Jun 2021

Kamar mandi yang sempit bisa kamu buat menjadi lebih luas dengan beberapa cara mudah loh. Gimana sih cara-caranya? Simak ulasan di bawah ya!

cara mudah membuat kamar mandi berukuran kecil menjadi terlihat luas
Photo by Phil Hearing

Kamar mandi dengan ukuran terbatas terkadang membuat kamu tidak betah saat mandi atau melakukan aktivitas lainnya di kamar mandi. Biasanya kamar mandi dibuat sempit karena lebih mengutamakan ruangan lainnya di dalam rumah dan harus mengorbankan ukuran kamar mandi. Padahal kamar mandi yang luas bisa membuat kamu lebih rileks dan nyaman loh saat mandi, dengan begitu stres kamu juga akan berkurang.


Lalu bagaimana jika sudah terlanjur memiliki kamar mandi dengan ukuran yang terbatas? Kamu tidak perlu melakukan renovasi kok, karena terkadang peletakkan barang di dalam kamar mandi juga mempengaruhi ukurannya. Nah kali ini Homeplan akan memberikan beberapa cara mudah yang bisa membuat kamar mandi rumah kamu menjadi terlihat lebih luas. Langsung aja simak penjelasannya di bawah!


1. Gunakan Cermin

menggunakan cermin untuk membuat kamar mandi terasa lebih luas
Photo by Chastity Cortijo

Penggunaan cermin dengan ukuran besar di kamar mandi terbukti bisa membuat kamar mandi di rumah kamu terasa lebih luas. Ilusi optik yang dihasilkan oleh cermin memang sudah banyak dimanfaatkan desainer interior maupun arsitek untuk mengakali ruangan yang kecil. Nah untuk kamu yang memiliki kamar mandi ukuran kecil, coba deh pasang cermin di kamar mandi kamu.


2. Gunakan Shower

menggunakan shower untuk membuat kamar mandi terasa lebih luas
Photo by ONNE Beauty

Shower adalah peralatan mandi yang cukup umum ditemui, namun kebanyakan orang masih menggunakan bak untuk kamar mandi yang berukuran kecil. Padahal penggunaan shower bisa membuat kamar mandi kamu menjadi lebih luas loh. Selain itu penggunaan shower juga bisa menghemat pengeluaran biaya air di rumah kamu.


3. Hindari Penggunaan Sekat

hindari penggunaan sekat untuk membuat kamar mandi terasa lebih luas
Photo by 99.films

Penggunaan sekat di kamar mandi biasanya berfungsi untuk memisahkan antara kloset dan bilik untuk mandi. Jika kamar mandi kamu berukuran kecil, hindari penggunaan sekat ini karena akan membuat kamar mandi kamu terasa sempit.


4. Gunakan Warna Cerah

menggunakan warna cerah untuk membuat kamar mandi terasa lebih luas
Photo by Dan Counsell

Efek penggunaan warna cerah pada kamar mandi membuatnya terlihat semakin luas. Selain itu penggunaan warna cerah seperti warna putih juga bisa memberikan kesan yang bersih pada kamar mandi rumah kamu. Hindari penggunaan warna gelap seperti hitam pada kamar mandi karena akan membuat kamar mandi kamu terasa sempit dan kotor. Homeplan menyarankan kamu menggunakan warna putih dengan sedikit kebiruan untuk memberikan suasana nyaman saat kamu berada di kamar mandi.


5. Maksimalkan Pencahayaan

menggunakan pencahayaan maksimal untuk membuat kamar mandi terasa lebih luas
Photo by Claire Rendall

Pencahayaan yang baik juga akan memberikan kesan luas pada kamar mandi di rumah kamu. Kamu juga bisa menggunakan cahaya alami untuk membuat kamar mandi kamu terasa semakin nyaman dan natural.


6. Perhatikan Ukuran Peralatan

perhatikan ukuran peralatan untuk membuat kamar mandi terasa lebih luas
Photo by Francesca Tosolini

Ukuran wastafel, kloset, hingga lemari pada kamar mandi harus kamu perhatikan agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Utamakan peralatan dengan ukuran kecil atau sedang agar kamu tetap nyaman saat menggunakan kamar mandi. Dan untuk barang-barang yang bisa kamu letakkan di luar kamar mandi sebaiknya dikeluarkan agar bisa menghemat tempat lebih banyak lagi.