7 Cara Mudah Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Cerdas

Berikut beberapa cara cerdas yang bisa kamu terapkan dalam mengatur keuangan rumah tangga agar semua kebutuhan kamu dapat terpenuhi dengan baik.

cara mudah mengatur keuangan rumah tangga dengan cerdas
Photo by Michael Longmire

Keuangan merupakan salah satu faktor terpenting yang harus kamu atur dan perhatikan dengan teliti. Apalagi jika kamu sudah berkeluarga dan harus memenuhi banyak keperluan seperti biaya kebutuhan anak, kebutuhan rumah, hingga membayar cicilan.


Banyaknya kebutuhan finansial terkadang membuat banyak orang pusing dan tidak dapat mengatur keuangan dengan baik. Akibatnya keuangan rumah tangga kamu pun berantakan dan terkadang kebutuhan penting menjadi terbengkalai. Oleh karena itu, kali ini Homeplan akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan rumah tangga di rumah kamu agar lebih efektif. Langsung aja yuk kita simak penjelasannya!


1. Hitung Seluruh Pendapatan Dan Pengeluaran

lakukan perhitungan dan pencatatan pemasukan dan pengeluaran dengan cermat dan rutin
Photo by NORTHFOLK

Untuk dapat mengatur keuangan dengan baik, kamu harus tau terlebih dahulu berapa total pemasukan kamu dan keluarga kamu setiap bulannya. Selain pendapatan, kamu juga harus menghitung dan mencatat pengeluaran kamu setiap bulannya. Catat pemasukan dan pengeluaran dengan detail seperti tanggal, barang apa yang dibeli, dan untuk kebutuhan apa. Dengan melakukan ini secara rutin, kamu akan lebih memahami kondisi keuangan rumah tangga dengan detail.


2. Bedakan Kebutuhan Dan Keinginan

mengatur keuangan rumah tangga dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan
Photo by Gabrielle Henderson

Nah setelah kamu mengetahui pengeluaran kamu secara detail, kamu harus memperhatikan lagi nih dan coba membedakan antara pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang betul-betul kamu perlukan dan memang berguna untuk keberlangsungan rumah tangga. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang tidak begitu dibutuhkan dan biasanya dibeli karena terbawa emosi dalam menginginkan sesuatu. Jadi pastikan saat kamu ingin membeli sesuatu pikirkan dengan matang ya apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan atau hanya karena ingin saja.


3. Buat Daftar Pengeluaran Wajib

mengatur keuangan rumah tangga dengan membuat daftar pengeluaran wajib
Photo by STIL

Kamu juga bisa membuat daftar pengeluaran yang harus kamu bayarkan setiap bulannya seperti biaya makan, listrik, air, hingga pulsa. Dengan melakukan pencatatan pengeluaran wajib ini, kamu akan mengetahui dengan jelas seberapa banyak perbandingan antara pengeluaran wajib dan pendapatan kamu. Jika kamu merasa pengeluaran wajib kamu terlalu besar dan hampir menghabiskan seluruh pemasukan, cobalah untuk melakukan penghematan pada beberapa bagian seperti mengurangi penggunaan listrik dan air.


4. Buat Rumus Pengeluaran Bulanan

mengatur keuangan rumah tangga dengan membuat rumus pengeluaran
Image by dooder

Rumus pengeluaran bulanan memang efektif untuk digunakan untuk menjaga kestabilan pengeluaran kamu setiap bulannya. Ada beberapa metode rumus yang bisa kamu terapkan, seperti metode 50/20/30. metode ini membagi pengeluaran kamu menjadi 3 bagian yaitu 50% untuk kebutuhan, 20% untuk tabungan dan investasi, dan 30% untuk keinginan.


Sebagai contoh, kamu memiliki pemasukan total rumah tangga sebesar Rp 5 juta, berarti kamu harus menggunakan 50% dari total pemasukan sebesar Rp 2,5 juta untuk kebutuhan wajib seperti makan, transport, listrik, dll. Sedangkan untuk tabungan dan investasi sebesar 20% yaitu Rp 1 juta dan 30% atau Rp 1,5 juta untuk keinginan seperti liburan. Dengan metode ini pengeluaran kamu pun akan lebih terstruktur dan tidak berantakan.


5. Kurangi Pengeluaran Kebutuhan Tersier

mengatur keuangan rumah tangga dengan mengurangi kebutuhan tersier
Photo by Sharon McCutcheon

Jika kamu masih merasa keuangan rumah tangga kamu masih belum begitu baik, pastikan kamu tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier ini bisa meliputi berbagai macam hal seperti membeli HP baru hanya karena mengikuti tren, membeli mobil untuk koleksi, baju dan tas yang tidak begitu diperlukan, dan lain sebagainya. Boleh saja kamu memuaskan diri kamu dalam membeli barang-barang tersebut namun pastikan tetap dalam batasan ya.


6. Mulai Menabung Dan Berinvestasi

mengatur keuangan rumah tangga dengan mulai menabung dan investasi
Photo by Damir Spanic

Menyisihkan sebagian uang untuk menabung dan berinvestasi adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan. Pastikan kamu menyisihkan uang kamu secara rutin setiap bulannya. Meskipun kamu merasa masih belum membutuhkan tabungan, hal ini tetap harus dilakukan, pasalnya uang yang kamu tabung dan investasikan bisa dijadikan sebagai dana darurat juga saat terjadi sesuatu di luar dugaan yang membutuhkan biaya besar. Selain tabungan dan investasi, kamu juga mengalokasikan uang kamu untuk menggunakan jasa asuransi terpercaya.


7. Lakukan Evaluasi Keuangan Setiap Bulan

mengatur keuangan rumah tangga dengan melakukan evaluasi secara rutin
Photo by Mimi Thian

Agar pengaturan keuangan kamu dapat berjalan dengan baik setiap bulannya, pastikan kamu melakukan evaluasi sendiri ataupun bersama dengan keluarga. Hal ini dilakukan agar komitmen untuk mengatur keuangan dengan baik bisa terus berjalan tanpa adanya hambatan. Dengan evaluasi, kamu pun bisa mengatur alokasi keuangan dengan lebih baik menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.


Itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa kamu terapkan agar keuangan kamu tetap stabil. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman dan keluarga terdekat kamu ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Artikel terbaru

Kategori lainnya