7 Cara Mudah Membuat Kamar Mandi Tetap Kering Dan Bersih

Kamar mandi yang lembap akan membuatnya menjadi cepat kotor dan berjamur. Lalu bagaimana caranya agar kamar mandi di rumah kamu tetap kering dan bersih? Simak penjelasannya pada artikel ini ya!

cara mudah membuat kamar mandi tetap kering, bersih dan terhindar dari jamur
Photo by Jared Rice

Kamar mandi adalah ruangan yang paling sering terkena air oleh karena itu kamar mandi akan memiliki kelembapan yang lebih tinggi dibandingkan ruangan lainnya. Ruangan yang lembap memiliki banyak dampak buruk bagi kamu maupun ruangan itu sendiri. Mulai dari dinding rembes, lantai berjamur, bau tidak sedap, hingga berbagai permasalahan lainnya.


Hal tersebut tentu akan membuat kamu tidak nyaman dan juga dapat memberikan efek negatif pada kesehatanmu dan keluarga. Lalu bagaimana caranya agar bisa membuat kamar mandi di rumah kamu tetap kering dan bersih? Ada beberapa trik dan cara mudah yang bisa kamu terapkan di kamar mandi rumah kamu, agar kamu tidak penasaran langsung saja kita simak penjelasannya di bawah!


1. Gunakan Exhaust Fan

menggunakan exhaust fan pada kamar mandi untuk mengurangi kelembapan dan jamur
Source: Pinterest

Penggunaan exhaust fan pada kamar mandi adalah hal yang tepat dan cukup umum ditemui. Cara ini dapat membuat kamar mandi tetap kering dan tidak bau. Kamu bisa memasang exhaust fan di plafon kamar mandi, dan pastikan terdapat ventilasi pada atap di rumah kamu agar kelembapan bisa dibuang keluar.


2. Memisahkan Area Kering Dan Basah

pisahkan area kering dan basah pada kamar mandi untuk mengurangi kelembapan dan jamur
Photo by Sidekix Media

Cara ini bisa kamu terapkan dengan menggunakan sekat pembatas pada kamar mandi di rumah kamu. Kamu juga bisa membuat bilik khusus untuk mandi agar air tidak keluar dari area tersebut, biasanya cara ini memanfaatkan material kaca pada penggunaannya. Dengan cara tersebut kamar mandi di rumah kamu pun tidak mudah kotor dan bau.


3. Buat Saluran Air Yang Tepat

buat saluran air yang tepat pada kamar mandi untuk mengurangi kelembapan dan jamur
Source: Pinterest

Saluran air pada kamar mandi harus kamu perhatikan dengan baik, buat kemiringan lantai yang tepat pada kamar mandi agar air dapat dengan mudah mengalir. Dengan begitu lantai kamar mandi di rumah kamu akan lebih cepat kering dan tidak cepat kotor. Dan jangan lupa untuk memilih lubang drainase yang memiliki lubang filter cukup besar agar tidak mudah tersumbat.


4. Gunakan Shower

gunakan shower pada kamar mandi untuk mengurangi kelembapan dan jamur
Photo by kevin Baquerizo

Kamu juga bisa menggunakan shower di kamar mandi rumah kamu agar mengurangi tampungan air pada kamar mandi. Hal ini akan mengurangi kelembapan kamar mandi karena tidak adanya air yang menggenang. Selain shower kamu juga bisa menggunakan bathtub, tapi jangan lupa untuk rajin menguras dan membersihkan bathtub tersebut ya!


5. Pilih Keramik Yang Tepat

pilih keramik yang tepat pada kamar mandi untuk mengurangi kelembapan dan jamur
Photo by Jon'Nathon Stebbe

Memilih keramik untuk kamar mandi tentu berbeda dengan keramik pada ruangan lainnya. Pilihlah keramik yang lebih mudah kering agar tidak ada air yang menggenang di kamar mandi. Dengan begitu kamar mandi di rumah kamu pun tidak mudah lembap dan kotor.


6. Manfaatkan Cahaya Alami

manfaatkan cahaya alami pada kamar mandi untuk mengurangi kelembapan dan jamur
Photo by Filios Sazeides

Menggunakan cahaya alami dapat membuat kelembapan pada kamar mandi berkurang. Kamu bisa menggunakan jendela kecil dari kaca pada kamar mandi kamu. Cahaya ini juga dapat membuat ruangan menjadi lebih sehat karena cahaya matahari dapat membunuh jamur dan bakteri pada ruangan.


7. Bersihkan Secara Rutin

bersihkan kamar mandi secara rutin untuk mengurangi kelembapan dan jamur
Source: Pinterest

Kemudian cara terakhir dan yang harus kamu lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin. Lakukan penyikatan keramik hingga dinding kamar mandi yang kotor agar kamar mandi kamu tidak mudah berjamur. Dengan begitu kamar mandi kamu akan tetap bersih dan wangi setiap saat.


Cara tersebut sangat cocok diterapkan pada kamar mandi yang berukuran kecil, karena kamar mandi berukuran kecil biasanya lebih mudah lembap. Namun tidak ada salahnya juga menerapkan cara tersebut meskipun kamar mandi kamu cukup luas. Kamar mandi yang kering dan bersih akan membuat kamu lebih nyaman dan menyehatkan penghuni di rumah kamu. Sekian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kamu ya.


Aplikasi Homeplan saat ini sudah tersedia di App Store dan Play Store, yuk download di smartphone kamu sekarang untuk mendapatkan inspirasi desain interior yang tepat di rumah kamu. Download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya