7 Cara Memilih Lantai Keramik Di Kamar Mandi Anti Licin Dan Cantik

Selain menjadi tempat berpijak lantai keramik kamar mandi juga harus dapat menjaga kamu agar tidak mudah terpeleset saat di kamar mandi. Lalu bagaimana cara memilih lantai keramik kamar mandi yang tepat dan tidak licin? Simak pembahasannya di bawah ya!

cara memilih lantai keramik kamar mandi yang anti licin dan tetap cantik
Photo by R ARCHITECTURE

Ada berbagai macam jenis penutup lantai yang bisa digunakan untuk kamar mandi dan yang paling umum adalah lantai keramik. Hal tersebut dikarenakan keramik sangat tangguh menghadapi air dan kelembapan yang tinggi. Namun selain lantai, keramik juga biasanya digunakan sebagai penutup dinding di kamar mandi loh. Sehingga dinding kamar mandi tidak cepat rusak dan rembes ke dinding bagian luar.


Nah meski keramik memiliki banyak keunggulan dan sangat tepat digunakan sebagai penutup lantai di kamar mandi, kamu tetap harus tau cara memilihnya. Karena terkadang ada jenis keramik yang cepat licin dan tidak cocok digunakan di kamar mandi. Wah terus gimana cara memilihnya? Tenang aja, kali ini Homeplan akan membantu kamu dalam memilih lantai keramik yang tepat untuk kamar mandi di rumah kamu, yuk disimak!


1. Pastikan Keramik Tidak Licin Saat Terkena Air

saat memilih keramik kamar mandi pastikan keramik tidak licin
Photo by Andrew T. White

Saat memilih keramik untuk kamar mandi, faktor utama yang perlu kamu pertimbangkan adalah apakah permukaan keramik licin atau tidak. Hal tersebut penting karena keramik yang permukaannya licin saat digunakan di kamar mandi akan bertambah licin karena lembap dan basah. Hal tersebut tentu akan sangat berbahaya apalagi jika di rumah kamu ada orang yang sudah berumur. Kamu bisa mengecek keramik tersebut licin atau tidak dengan menyentuhnya secara langsung atau membeli keramik yang khusus untuk kamar mandi.


2. Sesuaikan Ukuran Keramik Dengan Luas Kamar Mandi

saat memilih keramik kamar mandi sesuaikan ukurannya dengan luas kamar mandi
Photo by R ARCHITECTURE

Ukuran keramik kamar mandi harus bisa kamu sesuaikan dengan luas dari kamar mandi tersebut. Hal itu karena tampilan kamar mandi kamu akan tampak cantik dan proporsional jika kamu dapat menyesuaikan ukuran keramik. Pilihlah keramik dengan ukuran yang besar apabila luas kamar mandi kamu juga besar, dan pilihlah ukuran keramik yang kecil jika luas kamar mandi kamu juga kecil. Ada berbagai macam pilihan ukuran keramik kamar mandi, mulai dari 15x15, 15x20, 20x20, 30x30, hingga 60x60 cm


3. Pilihlah Keramik Yang Mudah Dibersihkan

saat memilih keramik kamar mandi pastikan keramik mudah dibersihkan
Photo by Grant Ritchie

Keramik di kamar mandi tentu sangat rentan terhadap serangan lumut dan jamur karena suasana lembap yang ada di kamar mandi. Untuk itu sebaiknya kamu memilih jenis keramik yang mudah dibersihkan, cobalah bertanya kepada penjual saat kamu sedang memilih keramik kamar mandi, penjual pasti lebih memahami mana keramik yang mudah dibersihkan dan mana yang tidak.


4. Sesuaikan Motif Dengan Tema Kamar Mandi

saat memilih keramik kamar mandi sesuaikan motif dengan tema kamar mandi
Photo by Raquel Navalon Alvarez

Motif keramik kamar mandi juga harus kamu pertimbangkan agar tidak membuat kamar mandi menjadi tampak jelek. Sesuaikan motif serta warna dengan tema kamar mandi yang kamu usung. Sebagai contoh kamu ingin menghadirkan kamar mandi minimalis maka pilihlah keramik yang motifnya sederhana atau polos dan berwarna netral seperti putih atau krem.


5. Pertimbangkan Cara Perawatan Keramik

saat memilih keramik kamar mandi pertimbangkan cara perawatan keramik
Photo by Jan Antonin Kolar

Kemudian kamu juga harus mempertimbangkan perawatan keramik kamar mandi yang akan kamu pilih. Sebagai contoh jika kamu memilih keramik berwarna putih, pastikan keramik tersebut dipasang di tempat yang jarang terkena kotoran. Karena jika keramik berwarna putih terkena kotoran, kamu harus lebih sering dan lebih keras merawatnya dan membersihkannya agar warnanya tidak cepat kusam.


6. Bedakan Dengan Keramik Dinding

saat memilih keramik kamar mandi bedakan motif dan warna dengan keramik dinding
Photo by Bence Balla-Schottner

Jika kamu ingin mencari keramik untuk lantai kamar mandi pastikan kamu membedakannya dengan keramik pada dinding kamar mandi kamu ya. Karena jika itu kamu lakukan maka kamar mandi kamu akan tampak tidak menarik dan terlihat sempit. Ada baiknya kamu memilih jenis dan motif keramik yang berbeda pada dinding dan lantai kamar mandi kamu ya.


7. Eksplorasi Cara Pemasangan Keramik

saat memilih keramik kamar mandi cobalah eksplorasi dalam memasang keramik di kamar mandi
Photo by Raimond Klavins

Selain keramik berbentuk persegi yang paling umum ditemui, kamu juga bisa loh mengeksplorasi bentuk-bentuk lain yang bisa kamu terapkan di kamar mandi kamu. Bentuk heksagonal maupun bulat bisa kamu terapkan untuk memberikan kesan yang unik dan tidak kaku. Selain itu kamu juga bisa menggunakan keramik mozaik untuk memberikan kesan artistik di kamar mandi kamu.


Nah itulah ketujuh cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk memilih penutup lantai keramik di kamar mandi. Kamu bisa bertanya kepada penjual saat ingin memilih keramik yang tepat, karena penjual biasanya akan lebih memahami produknya. Jangan lupa share artikel ini ke teman dan keluarga kamu yang sedang mencari keramik ya!


Jika kamu ingin membuat kamar mandi kamu terlihat indah dan cantik, cobalah untuk melakukan konsultasi ke ahlinya. Kamu bisa melakukan konsultasi melalui aplikasi Homeplan secara gratis loh, yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya