7 Cara Membuat Ruang Olahraga Di Rumah Kecil Yang Nyaman

Mau berolahraga tanpa repot harus keluar rumah? Coba aja bikin ruang olahraga pribadi di rumah kecil kamu dengan beberapa cara berikut! Cek bahasannya di bawah ya!

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan mudah dan nyaman
Photo by Sam Moqadam

Berolahraga adalah aktivitas penting yang harus dilakukan secara rutin untuk tetap menjaga kesehatan kita agar tetap fit. Apalagi di masa pandemi ini kita harus terus menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit. Namun terkadang beberapa hal menjadi halangan bagi orang yang ingin melakukan olahraga. Seperti di saat pandemi ini, jika ingin berolahraga di luar harus berpikir lagi karena pandemi COVID-19 masih belum berakhir.


Untuk mengatasi hal tersebut, Homeplan akan memberikan beberapa tips mudah untuk membuat ruang olahraga pribadi nih di rumah kamu. Tidak perlu memerlukan banyak ruang kamu sudah bisa membuat ruang olahraga sendiri loh, asik banget kan. Kamu bisa berolahraga di rumah tanpa khawatir terpapar virus dan juga bisa berolahraga bersama orang yang kamu sayang di rumah. Penasaran gimana caranya? Cek aja langsung bahasannya yuk!


1. Gunakan Ruang Kosong

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan memanfaatkan ruang kosong
Photo by TheStandingDesk.com

Yang pertama adalah dengan memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah. Ruang kosong di rumah bisa kamu manfaatkan sebagai tempat berolahraga loh. Namun jika ukurannya kecil jangan berekspektasi untuk menggunakan peralatan olahraga dengan ukuran besar ya.


2. Manfaatkan Teras Rumah

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan memanfaatkan teras rumah
Source: Pinterest

Teras rumah terkadang jarang dijadikan sebagai tempat untuk menaruh barang. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan teras sebagai tempat berolahraga di rumah kamu. Dengan memanfaatkan teras rumah, aktivitasi olahraga kamu pun akan terasa lebih berkualitas karena dapat menghirup udara segar dan menikmati tanaman hias di sekitar rumah kamu.


3. Buat Ruang Multifungsi

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan memanfaatkan ruang lainnya
Source: Pinterest

Ruang di rumah tidak hanya memiliki 1 fungsi saja, kamu bisa membuatnya menjadi memiliki beberapa fungsi. Jadi kamu bisa loh menyatukan ruang olahraga dengan kamar tidur atau ruang keluarga di rumah kamu. Namun jika kamu ingin menyatukan kedua ruangan tersebut pastikan kamu dapat menata peralatan yang ada dengan baik ya. Agar tidak mengganggu fungsi utama ruangan tersebut.


4. Sulap Ruangan Di Bawah Atap

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan memanfaatkan ruang di bawah atap
Source: Pinterest

Ruangan di bawah atap memang kurang populer di Indonesia. Namun jika kamu tertarik untuk membuatnya tidak ada salahnya kok. Kamu bisa memanfaatkan ruangan di bawah atap menjadi ruang olahraga yang luas dan nyaman. Untuk membuatnya, pastikan atap kamu memiliki ventilasi udara yang baik dan pastikan juga tidak ada bagian atap yang bocor ya.


5. Manfaatkan Sudut Ruangan

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan memanfaatkan sudut ruangan
Source: Pinterest

Sudut ruangan di rumah terkadang sulit untuk didekorasi dengan baik. Tapi kamu bisa loh memanfaatkan sudut ruang di rumah kamu sebagai tempat berolahraga. Sesuaikan ukuran peralatan yang ingin kamu gunakan dengan ukuran sudut ruangan tersebut. Rumah kamu pun akan terlihat lebih menarik dengan menggunakan cara ini.


6. Gunakan Cermin

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan memanfaatkan cermin
Source: Pinterest

Selain ruangan, kamu juga bisa menggunakan cara simpel untuk membuat ruang olahraga di rumah kamu tampak lebih luas. Menggunakan cermin adalah salah satu cara klasik yang cukup umum digunakan. Meskipun cermin sebenarnya berfungsi untuk bercermin, namun cermin juga dapat berfungsi untuk membuat ruangan di rumah kamu tampak lebih luas loh.


7. Pilih Peralatan Dengan Ukuran Sesuai

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan memanfaatkan ukuran ruangan dan peralatan
Source: Pinterest

Agar ruang olahraga tidak memakan banyak tempat, cara termudah dan penting adalah dengan menyesuaikan ukuran peralatan dengan ukuran ruangan. Banyak yang menganggap hal ini sepele, namun sebenarnya kamu harus teliti dalam memilih peralatan dengan ukuran yang sesuai loh. Karena jika ukurannya terlalu besar justru akan menghamburkan uang dan waktu kamu. Jadi jangan lupa untuk mengukur dan mencatat ukuran peralatan dan ruangan di rumah kamu terlebih dahulu ya.


8. Gunakan Alas Olahraga

cara membuat ruang olahraga di rumah kecil dengan memanfaatkan alas olahraga
Source: Pinterest

Jika kamu ingin berolahraga tanpa menggunakan alat-alat seperti barbel atau alat gym lainnya karena memakan banyak tempat, tenang saja. Kamu tetap bisa kok berolahraga dengan cara lain, cobalah menggunakan alas olahraga untuk berolahraga di lantai. Cara ini juga efektif dalam menghemat ruangan di rumah kamu karena tidak memerlukan banyak tempat.


Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan di rumah kamu untuk membuat ruang olahraga sendiri. Meski rumahmu kecil, kamu tetap bisa kok membuat ruang olahraga yang nyaman. Jadi apa kamu tertarik membuat ruang olahraga di rumah sendiri? Tulis di kolom komentar ya!


Jika kamu bingung memilih desain yang tepat untuk ruang olahraga kamu, coba deh lakukan konsultasi dengan Homeplan. Apa sih Homeplan itu? Homeplan adalah aplikasi yang dapat membantu kamu dalam mencari inspirasi desain rumah hingga perhitungan RAB secara otomatis. Selain itu kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan profesional langsung dari aplikasi ini. Dan yang paling penting adalah konsultasinya gratis! Jadi tunggu apalagi yuk konsultasi sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya