7 Alasan Penting Mengapa Kamu Harus Menggunakan Jasa Arsitek

Membangun ataupun merenovasi rumah adalah pekerjaan yang cukup sulit dilakukan, terutama bagi orang awam. Oleh karena itu, jasa arsitek menjadi peranan penting yang dapat membantu proses pembangunan rumah. Namun bagaimana jika kamu sudah mengetahui tahapan pembangunan rumah pada umumnya, apakah penggunaan jasa arsitek masih dibutuhkan? Mari kita simak pembahasannya di bawah ya!

alasan mengapa kamu harus menggunakan jasa arsitek untuk mewujudkan rumah impian
Photo by Daniel McCullough

Masih banyak orang yang enggan menggunakan jasa arsitek karena beberapa alasan. Alasan utama dari hal tersebut adalah anggapan tentang biaya yang perlu dikeluarkan untuk membayar arsitek begitu mahal. Selain itu stereotip orang terhadap keindahan dan estetika bangunan masih cukup buruk sehingga banyak orang yang merasa menggunakan jasa arsitek adalah pemborosan.


Padahal jika kamu mempelajari dan memahami tugas seorang arsitek dengan detail, kamu pasti akan lebih memilih menggunakan jasa arsitek dibanding hanya menggunakan jasa mandor biasa. Karena selain keindahan bangunan, seorang arsitek juga memikirkan banyak hal yang tidak diketahui orang awam. Mulai dari memperhatikan kesehatan rumah, kecocokan dengan penghuni, hingga efisiensi biaya yang perlu dikeluarkan. Selain itu masih banyak juga alasan penting lainnya yang membuat kamu harus menggunakan jasa arsitek, apa saja? Langsung saja disimak di bawah ya Homes!


1. Arsitek Dapat Menyesuaikan Anggaran

arsitek dapat menyesuaikan biaya dengan anggaran yang kamu miliki
Photo by Scott Graham

Salah satu alasan terpenting dalam menggunakan jasa arsitek adalah arsitek dapat menyesuaikan biaya renovasi atau pembangunan rumah dengan anggaran yang kamu miliki. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan kamu karena kamu tidak perlu pusing seberapa banyak biaya yang harus dikeluarkan dan tidak perlu takut jika anggaran kamu kurang.


Arsitek akan memberikan saran biaya yang tepat dengan sangat baik, bahkan proyek pembangunan ataupun renovasi rumah bisa dibuat seminimal mungkin jika kamu mau. Selain itu arsitek juga akan membuatkan RAB dengan sangat detail sehingga kamu bisa mengetahui dengan jelas anggaran yang dikeluarkan digunakan untuk apa saja. Hal ini tentu akan mempermudah kamu dalam mengecek pengeluaran anggaran dengan sangat detail.


2. Menggunakan Material Berkualitas

arsitek akan memilih dan menggunakan material dengan kualitas tinggi
Photo by Mikita Yo

Salah satu keunggulan dalam menggunakan jasa arsitek adalah material yang digunakan pasti berkualitas. Alasan ini akan membuat rumah kamu juga lebih berkualitas dan tidak cepat rusak. Karena seperti yang kita tahu rumah adalah investasi jangka panjang yang harus dirawat dengan baik. Dengan menggunakan material berkualitas tentunya rumah kamu akan semakin awet dan tidak mudah rusak meskipun sudah termakan oleh waktu.


3. Perencanaan Jelas

arsitek akan membuat perencanaan pembangunan dengan jelas dan sebaik mungkin
Photo by Alvaro Reyes

Seorang arsitek pasti akan merencanakan segala sesuatunya dengan baik dan jelas, sehingga kamu bisa dengan tenang menyerahkan perencanaan kepada arsitek. Cara ini tentu membuat banyak hal menjadi berjalan dengan baik mulai dari waktu perencanaan, biaya, hingga eksekusi proyek.


Bayangkan jika tidak ada arsitek maka perencanaan bisa kacau dan biaya yang perlu kamu keluarkan bisa bertambah. Bahkan hal terburuknya proyek bisa gagal dan tidak dilanjutkan. Wah bahaya banget kan, jadi menggunakan jasa arsitek adalah hal penting yang harus kamu pertimbangkan nih Homes!


4. Desain Rumah Berkualitas

desain rumah yang dibuat arsitek memiliki kualitas tinggi
Photo by Brian Babb

Kemudian seperti yang kita tahu, arsitek bertugas membuat desain yang cocok dengan keinginan kamu bahkan dengan lingkungan sekitar. Karena desain sebuah rumah bukan hanya sekedar keindahan saja namun juga fungsionalitas dan kecocokannya dengan lingkungan dan penghuni. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang masalah desain, karena arsitek biasanya akan bertanya terlebih dahulu tentang konsep desain yang sesuai dengan kamu.


5. Seluruh Ruang Dapat Dibuat Seefektif Mungkin

arsitek dapat mengefektifkan setiap ruang di dalam rumah menjadi sebaik mungkin
Photo by Collov Home Design

Kamu pasti pernah mengalami kejadian ada ruang di rumah yang tidak dapat digunakan dengan baik bukan? Seperti ruang di bawah tangga yang terlalu sempit sehingga hanya dibiarkan kosong. Ternyata masalah tersebut sangat bisa diatasi oleh seorang arsitek loh. Setiap ruang di rumah kamu bisa menjadi bermanfaat dan dapat digunakan semaksimal mungkin. Jadi meskipun lahan yang kamu punya terbatas, dengan jasa arsitek rumah kamu pun akan tetap terasa luas.

<