6 Cara Tepat Merawat Lantai Keramik Agar Tidak Kusam

Diperbarui: 3 Sep 2021

Untuk membuat lantai keramik di rumah tidak kusam, kamu harus mengetahui cara tepat dalam merawatnya. Berikut ulasan tentang cara tepat merawat lantai keramik di rumah kamu, simak penjelasannya di bawah ya!

cara mudah dan tepat merawat lantai keramik di rumah agatr tetap awet dan tidak kusam
Photo by izusek

Keramik adalah salah satu material penutup lantai yang paling umum ditemui di rumah-rumah Indonesia. Jenis material ini memiliki banyak kelebihan seperti mudah dibersihkan dan harganya yang terjangkau. Tampilan dari material ini pun tidak buruk sehingga keramik menjadi salah satu material penutup lantai yang paling terkenal.


Meski material keramik memiliki banyak kelebihan, kamu tetap harus merawatnya dengan baik agar tidak cepat rusak. Nah bagi kamu yang masih belum tau bagaimana cara tepat dalam merawat material jenis ini, tidak usah bingung. Karena kali ini Homeplan akan memberikan beberapa cara dan trik tepat dalam merawat dan membersihkan lantai dari material keramik. Daripada kamu makin penasaran, langsung saja yuk disimak!


1. Sapu Secara Rutin

menyapu lantai keramik secara rutin untuk merawat lantai agar tetap awet
Photo by Haryoko Jap / EyeEm

Menyapu lantai keramik harus dilakukan secara rutin untuk membersihkan lantai dari debu dan kotoran lainnya. Cara ini harus dilakukan secara rutin, minimal 3 kali sehari untuk menghindari debu yang dapat membuat keramik lantai menjadi lecet. Kamu dapat menggunakan sapu berbahan ijuk untuk menyapu lantai keramik di rumah kamu.


2. Mengepel Setiap Hari

mengepel lantai keramik secara rutin untuk merawat lantai agar tetap awet
Photo by Autakorn Sutarmjam / EyeEm

Mengepel lantai keramik juga harus dilakukan secara rutin setiap hari untuk menghindari noda membandel pada lantai. Dengan mengepel lantai secara rutin akan membuat keramik lantai di rumah kamu menjadi terhindari dari kerak noda. Kamu bisa mengepel dengan cairan pembersih seperti karbol agar keramik kamu juga terhindar dari serangan jamur.


3. Gunakan Alat Pembersih Yang Lembut

menggunakan alat pembersih yang lembut untuk merawat lantai agar tetap awet
Photo by John Schaidler

Saat membersihkan lantai keramik sebaiknya kamu menggunakan alat pembersih yang terbuat dari bahan lembut seperti kain. Karena jika kamu menggunakan alat pembersih yang kasar, lantai keramik kamu akan terkikis dan membuat tampilannya menjadi buruk karena banyak goresan. Lebih baik kamu menggosok kuat dengan kain daripada menggunakan sikat yang terlalu kasar untuk membersihkan noda membandel.


4. Bilas Setelah Dipel

membilas lantai setelah dipel untuk merawat lantai agar tetap awet
Photo by SolStock

Agar lantai keramik di rumah kamu dapat bersih dengan maksimal, kamu bisa menggunakan cara satu ini. Manfaat yang dapat diberikan dari cara ini adalah akan membuat lantai keramik di rumah kamu tidak lengket. Selain itu cara ini juga dapat mencegah adanya sisa-sisa deterjen atau sabun lantai yang mengering dan justru menjadi noda membandel.


5. Memberikan Larutan Cuka

memberikan larutan cuka untuk merawat lantai agar tetap awet
Photo by freepik

Keramik lantai yang kusam dan tidak mengkilap terkadang membuat kita merasa rumah tampak begitu kotor dan kita pun menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa memberikan larutan cuka pada lantai keramik di rumah kamu. Cara ini akan membuat keramik di rumah kamu menjadi kembali mengkilap dan tidak kusam kembali.


Kamu hanya perlu menuangkan larutan cuka ke bagian lantai yang kusam dan menunggu selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan cairan pembersih lantai atau sabun cuci piring untuk menghilangkan aroma menyengat dari cuka.


6. Taburkan Tepung Untuk Menghilangkan Minyak

menaburkan tepung ke bagian yang berminyak untuk merawat lantai agar tetap awet
Photo by HowToGym

Menghilangkan noda minyak pada keramik lantai memang cukup sulit. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa menggunakan tepung untuk menghilangkan noda minyak. Cukup taburkan tepung ke atas keramik yang berminyak dan diamkan selama kurang lebih 1-2 jam. Kemudian bersihkan tepung dan bilas kembali dengan kembali mengepel lantai untuk memberikan hasil yang maksimal.


Nah itulah cara tepat membersihkan dan merawat lantai keramik di rumah kamu, dengan cara ini keramik lantai di rumah kamu pastinya akan tetap awet dan mengkilap. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya dan jangan lupa share ke teman dan kerabat kamu!


Jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya. Kamu bisa melakukan konsultasi gratis dan mencari inspirasi desain interior secara gratis loh. Jadi tunggu apalagi? Yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya