10 Rumah Kayu Karya Arsitek Ternama Dunia Yang Kece Abis

Diperbarui: 25 Jun 2021

Kamu bosan sama rumah dengan bahan beton dan semen? Ingin punya rumah yang terlihat natural dan elegan? Rumah berbahan dasar kayu bisa kamu jadikan sebagai pilihan utama. Selain memberikan kesan alami, rumah berbahan dasar kayu juga bisa memberikan kesan mewah dan elegan.

rumah kayu karya arsitek ternama di dunia
Photo by vu anh

Selain dari segi estetika, penggunaan bahan dasar kayu untuk rumah juga memiliki beberapa keunggulan loh. Kayu adalah bahan yang memiliki sifat isolator alami yang sangat baik, sehingga dapat menjaga suhu ruangan di dalam rumah menjadi lebih stabil.


Selain itu karena kayu memiliki pori-pori yang lebih besar dibanding beton, sirkulasi di dalam rumah kamu pastinya akan menjadi lebih baik. Dari sisi psikologis, dengan menggunakan bahan dasar kayu, kamu pasti akan merasa lebih tenang dan rileks saat berada di rumah. Jadi kamu dapat beristirahat secara maksimal.


Nah bagi kamu pemilik rumah berbahan kayu atau kamu yang ingin memiliki rumah kayu dalam waktu dekat, Homeplan akan memberikan beberapa inspirasi desain untuk rumah kamu. Langsung aja yuk disimak!

1. Rumah Kayu Borderless House

borderless house rumah kayu karya arsitek selma masic
Photo by Selma Masic

Borderless House rumah berbahan dasar kayu yang dibuat oleh arsitek Selma Masic yang berkolaborasi dengan Haryu Wood Studio. Dengan luas bangunan sekitar 63 m2, rumah ini dibangun di tengah ibukota Tokyo, Jepang. Rumah ini dibangun sebagai tempat tinggal bagi arsiteknya sendiri (Selma Masic) bersama keluarganya.

rumah kayu karya arsitek selma masic borderless house
Photo by Selma Masic

Desain yang simpel dan cukup menarik dan tidak terlalu banyak memakan tempat, desain rumah ini juga bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Hampir seluruh bahan bangunan ini terbuat dari kayu, furnitur yang digunakan pun sebagian besar terbuat dari kayu.


2. Rumah Kayu House in the Orchard

house in the orchard rumah kayu karya arsitek firm architekten
Photo by Adolf Bereuter

Rumah kayu selanjutnya bernama House in the Orchard karya arsitek firm Architekten. Rumah ini berada di kota Gampelün, Austria yang dibangun pada tahun 2020. Memiliki luas yang cukup besar yaitu sekitar 170 m2 terletak di daerah perbukitan.

rumah kayu karya arsitek firm architekten house in the orchard
Photo by Adolf Bereuter

Memiliki desain interior yang modern dan mewah, menggunakan kombinasi warna yang sangat cocok dengan tema kayu. Kamu bisa menggunakan House in the Orchard sebagai inspirasi rumah kamu. Kesan mewah dan elegan akan kamu dapatkan dari desain rumah tersebut.


3. Rumah Kayu Contexted House

contexted house rumah kayu karya arsitek office for environment architecture
Photo by Nao Takahashi

Rumah karya arsitek Office for Environment Architecture bernama Contexted House seluas 177 m2. Rumah ini berada di kota Osaka, Jepang yang dibangun pada tahun 2019. Dengan desain interior yang begitu kental dengan tradisi Jepang membuat rumah ini terlihat begitu menarik.

rumah kayu karya arsitek office for environment architecture contexted house
Photo by Nao Takahashi

4. Rumah Kayu Wooden House K

wooden house k rumah kayu karya arsitek partnerundpartner-architekten
Wooden House K

Karya arsitek partnerundpartner-architekten membangun rumah bernama Wooden House K dengan luas sekitar 176 m2. Rumah yang terletak di kota Vöhrenbach, Jerman ini dibangun pada tahun 2011. Pemilik rumah ini ingin memiliki rumah dengan desain kontemporer yang dapat memaksimalkan kenyamanan di dalam rumah.

rumah kayu karya arsitek partnerundpartner-architekten wooden house k
Interior by Wooden Ho