10 Rumah Kayu Karya Arsitek Ternama Dunia Yang Kece Abis

Diperbarui: 25 Jun 2021

Kamu bosan sama rumah dengan bahan beton dan semen? Ingin punya rumah yang terlihat natural dan elegan? Rumah berbahan dasar kayu bisa kamu jadikan sebagai pilihan utama. Selain memberikan kesan alami, rumah berbahan dasar kayu juga bisa memberikan kesan mewah dan elegan.

rumah kayu karya arsitek ternama di dunia
Photo by vu anh

Selain dari segi estetika, penggunaan bahan dasar kayu untuk rumah juga memiliki beberapa keunggulan loh. Kayu adalah bahan yang memiliki sifat isolator alami yang sangat baik, sehingga dapat menjaga suhu ruangan di dalam rumah menjadi lebih stabil.


Selain itu karena kayu memiliki pori-pori yang lebih besar dibanding beton, sirkulasi di dalam rumah kamu pastinya akan menjadi lebih baik. Dari sisi psikologis, dengan menggunakan bahan dasar kayu, kamu pasti akan merasa lebih tenang dan rileks saat berada di rumah. Jadi kamu dapat beristirahat secara maksimal.


Nah bagi kamu pemilik rumah berbahan kayu atau kamu yang ingin memiliki rumah kayu dalam waktu dekat, Homeplan akan memberikan beberapa inspirasi desain untuk rumah kamu. Langsung aja yuk disimak!

1. Rumah Kayu Borderless House

borderless house rumah kayu karya arsitek selma masic
Photo by Selma Masic

Borderless House rumah berbahan dasar kayu yang dibuat oleh arsitek Selma Masic yang berkolaborasi dengan Haryu Wood Studio. Dengan luas bangunan sekitar 63 m2, rumah ini dibangun di tengah ibukota Tokyo, Jepang. Rumah ini dibangun sebagai tempat tinggal bagi arsiteknya sendiri (Selma Masic) bersama keluarganya.

rumah kayu karya arsitek selma masic borderless house
Photo by Selma Masic

Desain yang simpel dan cukup menarik dan tidak terlalu banyak memakan tempat, desain rumah ini juga bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Hampir seluruh bahan bangunan ini terbuat dari kayu, furnitur yang digunakan pun sebagian besar terbuat dari kayu.


2. Rumah Kayu House in the Orchard

house in the orchard rumah kayu karya arsitek firm architekten
Photo by Adolf Bereuter

Rumah kayu selanjutnya bernama House in the Orchard karya arsitek firm Architekten. Rumah ini berada di kota Gampelün, Austria yang dibangun pada tahun 2020. Memiliki luas yang cukup besar yaitu sekitar 170 m2 terletak di daerah perbukitan.

rumah kayu karya arsitek firm architekten house in the orchard
Photo by Adolf Bereuter

Memiliki desain interior yang modern dan mewah, menggunakan kombinasi warna yang sangat cocok dengan tema kayu. Kamu bisa menggunakan House in the Orchard sebagai inspirasi rumah kamu. Kesan mewah dan elegan akan kamu dapatkan dari desain rumah tersebut.


3. Rumah Kayu Contexted House

contexted house rumah kayu karya arsitek office for environment architecture
Photo by Nao Takahashi

Rumah karya arsitek Office for Environment Architecture bernama Contexted House seluas 177 m2. Rumah ini berada di kota Osaka, Jepang yang dibangun pada tahun 2019. Dengan desain interior yang begitu kental dengan tradisi Jepang membuat rumah ini terlihat begitu menarik.

rumah kayu karya arsitek office for environment architecture contexted house
Photo by Nao Takahashi

4. Rumah Kayu Wooden House K

wooden house k rumah kayu karya arsitek partnerundpartner-architekten
Wooden House K

Karya arsitek partnerundpartner-architekten membangun rumah bernama Wooden House K dengan luas sekitar 176 m2. Rumah yang terletak di kota Vöhrenbach, Jerman ini dibangun pada tahun 2011. Pemilik rumah ini ingin memiliki rumah dengan desain kontemporer yang dapat memaksimalkan kenyamanan di dalam rumah.

rumah kayu karya arsitek partnerundpartner-architekten wooden house k
Interior by Wooden House K

Tema kontemporer yang dikombinasikan dengan bahan kayu di dalam rumah membuatnya terlihat begitu nyaman. Dengan tangga minimalis yang terlihat elegan membuat rumah ini memiliki kesan mewah. Kamu bisa mencoba menggunakan desain interior Wooden House K sebagai inspirasi untuk rumah kamu.


5. Rumah Kayu House Müller Gamboni

house muller gamboni rumah kayu karya arsitek Bauatelier Metzler
Photo by Jan Keller

Bauatelier Metzler arsitek yang menciptakan rumah bernama House Müller Gamboni yang terinspirasi dari permainan puzzle rubik. Rumah ini memiliki luas yang cukup besar yaitu sekitar 335 m2 dan terletak di kota Weinfelden, Switzerland. Taman di depan rumah House Müller Gamboni dapat kamu terapkan juga loh di rumah kamu. Dengan menggunakan taman ini, rumah kamu akan terlihat semakin natural dan asri.

rumah kayu karya arsitek Bauatelier Metzler house muller gamboni
Photo by Jan Keller

6. Rumah Kayu 81 Trans-(parent) House

81 trans house rumah kayu karya arsitek TOUCH Architect
Photo by Chalermwat Wongchompoo

Rumah 81 Trans-(parent) House terlihat begitu mewah dan megah dengan bahan kayu yang digunakan. Rumah ini dibangun oleh arsitek bernama TOUCH Architect dengan luas mencapai 520 m2. Rumah ini terletak di salah satu kota di Thailand.

rumah kayu karya arsitek TOUCH Architect 81 trans house
Photo by Chalermwat Wongchompoo

Dengan desain interior yang begitu mewah dan elegan, membuat rumah ini tampak begitu menarik. Jika kamu menyukai rumah dengan ukuran besar, rumah ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk rumah kamu.


7. Rumah Kayu House R

house r rumah kayu karya arsitek dietrich
Photo by David Matthiessen

Memiliki bentuk yang unik dan terlihat elegan, rumah bernama House R ini dibangun oleh arsitek Dietrich | Untertrifaller Architekten. Rumah ini terletak di daerah pedesaan kota Albstadt negara Jerman. Dengan bentuk yang terlihat elegan, tak heran rumah ini juga memiliki desain interior yang mewah

rumah kayu karya arsitek dietrich house r
Photo by David Matthiessen

8. Rumah Kayu The Birdhouses

the birdhouses rumah kayu karya arsitek werkt studio
Photo by Asbjørn S. Falck

The Birdhouses karya arsitek Werkt Studio terletak di kota Værløse, negara Denmark. Memiliki bentuk yang unik sangat cocok untuk kamu yang tidak menyukai bentuk rumah mainstream. Dengan luas mencapai 182 m2, rumah ini berisi 5 anggota keluarga yang membutuhkan ruang tambahan yang berkualitas.

rumah kayu karya arsitek werkt studio the birdhouses
Photo by Asbjørn S. Falck

Rumah ini terlihat begitu menarik, karena volume rumah yang terus mengecil jika kamu semakin menjauhi dari rumah utama. Desain rumah ini akan membuat anggota keluarga di dalam rumah seperti ke rumah yang berbeda setiap berjalan menjauhi rumah utama.


9. Rumah Kayu Bamboo House

rumah kayu bamboo house karya arsitek bl studio de arquitetura
Photo by Fellipe Lima

Kali ini adalah rumah yang menggunakan bambu sebagai bahan dasar pembangunan rumahnya. Bamboo House karya arsitek BL Studio de Arquitetura memiliki luas total 800 m2 terletak di kota Rolândia, Brazil. Rumah mewah ini tidak sepenuhnya menggunakan bambu, namun mengombinasikan juga dengan bahan konstruksi pada umumnya.

rumah kayu karya arsitek bl studio de arquitetura bamboo house
Photo by Fellipe Lima

10. Rumah Kayu Kleines House

kleines house rumah kayu karya arsitek lukas lenherr architektur
Kleines House

Kleines House, rumah kayu karya arsitek Lukas Lenherr Architektur terletak di kota Jonschwil, Switzerland. Memiliki desain yang sederhana dan unik, namun terlihat begitu natural dan menyatu dengan alam. Desain rumah Kleines House sangat cocok untuk kamu yang menyukai desain simpel dan minimalis.

rumah kayu karya arsitek lukas lenherr architektur kleines house
Interior by Kleines House

Kleines House memiliki luas yang tidak terlalu luas dengan ukuran 6x6 m dan memiliki 3 lantai. Seluruh bahan dasar dari Kleines House merupakan bahan alami dan ramah lingkungan. Rumah ini akan sangat cocok untuk kamu yang mencintai lingkungan.


Nah itulah 10 rumah kayu yang pastinya kece banget. Kalo kamu punya rumah kayu kaya di atas, dijamin deh ga ada yang ngejulid "rumah kok kayu" 😅. Sekian artikel Homeplan hari ini mengenai rumah kayu dari berbagai arsitek dunia, terima kasih jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ya!

 

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat Homeplan berikan untuk kamu, semoga bahasan kali ini bisa membantu kamu dalam melakukan renovasi rumah ya!


Kalo kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi mau renovasi rumah loh, kunjungi juga akun sosial media Homeplan dan jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya!

Artikel terbaru

Kategori lainnya