10 Jenis Batu Marmer Terpopuler Di Indonesia, Mewah Dan Elegan

Marmer sebagai material bangunan yang indah diminati oleh banyak orang. Ada berbagai jenis batu marmer yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mempercantik rumah kamu. Simak penjelasannya di bawah!

jenis jenis batu marmer favorit yang cocok untuk digunakan di rumah
Photo by Xie Yujie Nick

Salah satu material bangunan yang cukup populer terutama di kalangan menengah ke atas adalah batu marmer. Material ini merupakan batu alam yang memiliki corak dan motif yang begitu indah sehingga banyak dijadikan sebagai material dinding, lantai, hingga meja di rumah. Selain dapat mempercantik rumah, batu marmer juga bisa membuat rumah tampak mewah dan elegan sehingga tidak heran batu alam jenis ini banyak peminatnya.


Nah bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan batu marmer di rumah, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis batu marmer yang ada. Agar kamu bisa memilihnya dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta selera kamu. Karena jenis marmer yang berbeda pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi yuk kita simak sama-sama beberapa jenis batu marmer yang populer di Indonesia di bawah!


1. Batu Marmer Statuary

batu marmer jenis statuary yang sangat populer dan favorit
Source: Pinterest

Salah satu jenis batu marmer yang paling banyak digunakan adalah batu marmer statuary. Memiliki karakteristik berwarna putih dan tekstur yang halus mengkilap membuatnya dapat memikat banyak orang. Tampilannya membuat batu marmer ini cocok digunakan untuk memperkuat konsep simpel dan sederhana namun tetap terlihat elegan. Batu marmer statuary sangat cocok bagi kamu yang menginginkan kesan mewah namun tidak berlebihan.


2. Batu Marmer Architectural

batu marmer jenis architectural yang sangat cocok untuk digunakan sebagai dekorasi arsitektur
Source: dezeen.com

Sesuai dengan namanya batu marmer jenis architectural memang sangat cocok digunakan sebagai komponen arsitektur bangunan. Jenis marmer ini memiliki struktur yang cukup kuat, kokoh, dan tahan lama, serta memiliki pola dan tekstur yang cukup beragam sehingga membuatnya populer. Kamu bisa menggunakan batu marmer architectural sebagai penghias di dalam ruangan maupun luar ruangan.


3. Batu Marmer Onyx

batu marmer jenis onyx yang sangat cantik dan indah cukup populer di indonesia
Source: Onyxmarble.co

Mirip seperti batu onyx yang memiliki tampilan sedikit transparan dan tampak berlapis-lapis membuatnya tampak begitu mewah. Batu marmer jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding marmer jenis lainnya sehingga jarang digunakan sebagai penghias dalam rumah minimalis. Namun batu marmer jenis ini tetap banyak diminati terutama untuk bangunan mewah seperti hotel atau gedung-gedung mewah.


4. Batu Marmer Ruin

batu marmer jenis ruin yang memiliki corak unik dan berwarna coklat
Photo by Gpierlu/CC BY-SA 3.0

Batu marmer jenis ruin memiliki tekstur yang sangat halus karena terbentuk dari endapan kristal. Memiliki dominasi warna coklat tanah sehingga cocok untuk diaplikasikan untuk kamu yang ingin menggunakan warna earth tone di rumah. Memiliki pola yang sangat artistik menjadikan batu marmer ini terlihat begitu unik dan sangat cocok dijadikan sebagai dekorasi rumah.


5. Batu Marmer Limestone

batu marmer jenis limestone yang sangat populer dan favorit
Source: rmsmarble.com

Kemudian ada batu marmer jenis limestone yang juga cukup populer dan banyak menjadi incaran. Batu marmer jenis ini memiliki warna beige dan sedikit kecoklatan dengan corak yang begitu menarik sehingga tampak begitu natural. Selain itu batu marmer limestone juga memiliki keunggulan mudah dibersihkan, anti lumut, dan tidak licin saat terkena air. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan batu marmer limestone sebagai material pembuat kolam renang.


6. Batu Marmer Breccia

batu marmer jenis breccia yang sangat populer dan favorit
Source: lowes.com

Salah satu ciri utama yang cukup menonjol dari batu marmer jenis ini adalah teksturnya yang kasar. Meski begitu, corak dari marmer breccia cukup menarik dan tak lekang oleh waktu. Oleh sebab itu batu marmer jenis ini banyak digunakan pada bagian eksterior rumah untuk menonjolkan kesan yang berkarakter.


7. Batu Marmer Cipolin