10 Inspirasi Desain Kanopi, Bikin Tampilan Rumah Makin Fresh

Desain rumah dua lantai di rumah kamu terasa kurang dan biasa saja? Mungkin kanopi adalah salah satu solusi tepat yang bisa kamu gunakan untuk membuat tampilan depan rumah kamu menjadi semakin fresh. Lalu bagaimana inspirasi desain kanopi yang pas untuk rumah kamu? Yuk langsung aja disimak di bawah!

desain kanopi cantik untuk membuat rumah tampak mewah dan elegan
Photo by Florian Schmidinger on Unsplash

Rumah dua lantai memanglah terlihat menarik dan bisa membuat kamu lebih nyaman tinggal di dalamnya. Meski begitu terkadang ada dari kita yang merasa kurang dengan tampilan desain rumah dua lantai yang telah dibangun. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan kanopi.


Bukan hanya sekedar tempat berteduh, ternyata kanopi juga dapat mempengaruhi tampilan rumah yang terlihat biasa saja menjadi semakin wow. Namun kamu harus tahu desain kanopi seperti apa yang tepat agar hasilnya pun akan terasa maksimal. Nah agar kamu memiliki gambaran, kali ini Homeplan ingin memberikan beberapa inspirasi desain kanopi rumah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Langsung aja yuk disimak!


1. Kanopi Kaca Elegan

kanopi kaca yang dapat memberikan kesan elegan dan mewah
Source: Pinterest

Salah satu keunggulan material kaca adalah mampu memberikan kesan mewah dan elegan pada rumah. Nah karena kanopi terletak di bagian depan rumah, penggunaan material kaca tentu sangat cocok untuk digunakan. Oleh karena itu penggunaan kanopi kaca pada rumah sangatlah direkomendasikan, terutama untuk kamu yang ingin menghadirkan kesan yang mewah pada bagian depan rumah.


2. Kanopi Industrial Kekinian

kanopi industrial yang membuat rumah tampak menarik dan tidak monoton
Source: Pinterest

Jika kamu ingin membuat rumah minimalis kamu tidak terasa terlalu monoton, menggunakan kanopi desain industrial tentu dapat mengatasi hal tersebut. Untuk membuat kanopi ini kamu hanya perlu menggunakan rangka besi yang dicat hitam dan menggunakan kaca ataupun bahan plastik untuk menutupinya. Terkesan simpel namun tidak terasa monoton.


3. Kanopi Kayu Alami

kanopi kayu yang dapat membuat rumah terasa sejuk dan natural
Source: Pinterest

Kemudian bagi kamu yang menyukai aksen dan material kayu pada rumah tentu kamu bisa menggunakan kanopi dari bahan kayu. Sejuk dan terasa alami adalah salah satu keunggulan yang akan didapat jika kamu menggunakan kanopi dari kayu. Selain itu kanopi kayu juga dapat membuat rumah tak lekang oleh waktu.


4. Kanopi Desain Minimalis

kanopi minimalis dengan desain sederhana yang cocok untuk rumah minimalis
Source: Pinterest

Kanopi jenis ini cocok untuk kamu yang tidak mau membuat kanopi yang terlalu ribet. Kamu bisa memesan kanopi jenis ini lebih mudah dibanding kanopi jenis lainnya. Karena kanopi minimalis cukup populer dan permintaannya cukup tinggi. Biaya yang perlu kamu keluarkan pun tidak begitu mahal sehingga bisa menghemat biaya


5. Kanopi Konsep Natural

kanopi natural dengan berbagai tanaman hias pada bagian kanopi
Source: Pinterest

Kemudian bagi kamu yang menyukai adanya tanaman agar rumah terasa sejuk dan alami, kamu bisa menggunakan kanopi berkonsep natural. Untuk membuatnya kamu bisa menggunakan berbagai tanaman hias rambat yang cantik untuk menyelimuti kanopi rumah. Selain itu kamu juga bisa menggunakan tanaman hias seperti aglonema di atas kanopi rumah untuk membuatnya terlihat lebih bervariasi.


6. Kanopi Balkon Multifungsi

kanopi balkon yang dapat digunakan untuk tempat nongkrong
Source: Pinterest

Salah satu fungsi utama kanopi adalah untuk menghalau suhu panas matahari pada bagian depan rumah. Namun jika fungsi yang didapatkan lebih dari itu tentu kamu tidak menolak kan. Nah jika kamu tertarik untuk membuat kanopi multifungsi kamu bisa mengikuti contoh kanopi di atas. Tapi jangan lupa ya kamu tetap harus memperhatikan sisi estetika dari kanopi tersebut agar tetap membuat rumah terlihat cantik.