10 Cara Ampuh Merawat Lantai Kayu Agar Bersih Dan Tetap Awet

Merawat lantai kayu sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan loh. Ada cara-cara khusus namun mudah dan bisa kamu lakukan sendiri untuk merawatnya agar tetap bersih dan awet. Yuk disimak caranya di artikel di bawah!

cara tepat merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet dan mengkilap
Photo by Callum Hill

Saat ini lantai kayu sudah cukup banyak ditemui di rumah-rumah dengan konsep natural dan minimalis. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum familiar dengan lantai jenis ini sehingga terkadang kebingungan saat ingin merawat dan membersihkannya. Karena bahan kayu sangat berbeda dengan lantai dari bahan keramik atau batu yang sudah cukup umum ditemui.


Jangan sampai kamu salah mengira bahwa cara merawatnya sama dengan lantai dengan jenis lainnya, karena hal tersebut dapat membuat lantai kayu di rumah kamu cepat rusak. Nah agar lantai kayu di rumah kamu tidak cepat rusak dan tetap bersih kamu harus merawatnya dengan cara tepat. Berikut pembahasan tentang cara ampuh dalam membersihkan dan merawat lantai kayu di rumah kamu, langsung aja yuk disimak!


1. Rutin Menyapu Lantai Kayu

rutin menyapu lantai kayu untuk merawat dan membersihkan lantai agar tetap awet
Photo by Fiona1

Sama seperti lantai jenis lainnya, menyapu lantai kayu juga merupakan hal wajib yang harus dilakukan secara rutin. Selain untuk menghindari banyaknya debu dan kotoran di lantai, menyapu juga dapat membuat lantai kayu kamu tidak mudah tergores. Karena terkadang ada kotoran berupa kerikil maupun pasir yang dapat menggesek lantai kayu sehingga muncul goresan pada permukaannya. Jadi rutinlah menyapu lantai di rumah kamu ya!


2. Menggunakan Penyedot Debu

menggunakan penyedot debu untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by Westend61

Meski sudah menyapu secara rutin, kamu juga tetap harus membersihkan lantai kayu di rumah kamu dengan penyedot debu loh. Karena terkadang ada kotoran dan debu yang tidak terjangkau saat sedang menyapu. Saat menggunakan penyedot debu gunakanlah secara hati-hati ya, jangan sampai ada bagian tajam pada penyedot debu yang menggores lantai rumah kamu.


3. Segera Bersihkan Saat Terkena Air Atau Noda

segera keringkan air untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by d3sign

Lantai kayu adalah jenis lantai yang sebaiknya terhindar dari kelembapan. Oleh karena itu mengepel lantai kayu sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat membuat kayu menjadi lapuk dan cepat rusak. Jadi saat kamu melihat ada tumpahan air atau noda seperti kopi dan teh sebaiknya kamu segera mengelapnya hingga kering ya!


4. Hindari Penggunaan Alas Kaki Yang Kasar

hindari penggunaan alas kaki kasar untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by Erik Mclean

Kayu adalah material yang sensitif dan mudah tergores. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak menggunakan alas kaki yang kasar. Kamu juga harus selalu membersihkan kaki kamu sebelum masuk ke dalam rumah untuk menghindari adanya debu kasar yang dapat menggores lantai.


5. Lapisi Dengan Karpet

menggunakan karpet untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by Jennifer Latuperisa-Andresen

Cara lainnya untuk melindungi lantai kayu yang sensitif adalah dengan menggunakan karpet. Pilihlah karpet yang bagian bawahnya tidak licin agar tidak mudah tergeser saat diinjak. Penggunaan karpet juga biasanya digunakan untuk diletakkan di bawah furnitur untuk menghindari munculnya goresan dari furnitur tersebut. Meskipun kamu sudah melapisinya dengan karpet bukan berarti kamu bisa memindahkan furnitur dengan cara ditarik atau didorong ya. Pindahkan furnitur dengan cara diangkat agar tidak menimbulkan goresan.


6. Gunakan Bahan Kimia Anti Rayap

menggunakan bahan kimia anti rayap untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by Pekic

Salah satu sifat kayu yang perlu diperhatikan adalah sering digerogoti oleh hama rayap di rumah. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya kamu menyuntikan bahan kimia anti rayap ke lantai kayu di rumah. Kamu juga bisa memilih lantai kayu yang sudah didesain anti rayap saat ingin menggunakan lantai kayu di rumah.


7. Poles Lantai Kayu Secara Rutin

memoles lantai untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by Wicki58

Untuk membuat lantai kayu tidak kusam dan terlihat mengkilap kamu harus memolesnya secara rutin. Saat ini sudah banyak produk pemoles lantai kayu yang bisa kamu beli di toko online maupun offline. Luangkanlah waktu kamu untuk memoles lantai kayu minimal 1 bulan sekali untuk memberikan ketahanan serta memaksimalkan keindahannya.


8. Rutin Memindahkan Furnitur

memindahkan furnitur untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by Michael Warf

Lantai kayu yang sering terpapar sinar matahari lama kelamaan warnanya akan memudar. Jadi agar lantai kayu tidak terlihat belang kamu bisa menggunakan cara memindahkan furnitur di rumah secara rutin. Warna lantai kayu yang belang tentu terlihat tidak indah dan mengurangi nilai estetikanya. Oleh sebab itu cara ini cukup direkomendasikan, namun jika kamu merasa hal tersebut cukup repot kamu bisa melakukan steam lantai kayu selama 6 bulan sekali agar warna lantai kayu tidak memudar.


9. Gunakan Lemon Untuk Mencerahkan Lantai Kayu

gunakan lemon dan cuka untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by eggbank

Asam pada lemon dapat membuat lantai kayu di rumah kamu menjadi terlihat cerah. Aromanya juga begitu segar dan menenangkan, selain itu cairan lemon juga bisa membersihkan noda membandel yang menempel pada lantai kayu. Untuk menggunakan cara ini kamu hanya perlu memberikan cairan lemon di atas permukaan lantai kayu yang kotor dan kusam. Tunggu selama kurang lebih 15 menit dan lap lantai sampai kering. Selain lemon kamu juga bisa menggunakan cuka, namun cuka memiliki aroma yang tidak enak dan sangat kuat jadi sebaiknya gunakan cairan lemon saja ya!


10. Gunakan Es Untuk Mengangkat Noda

gunakan es batu untuk merawat dan membersihkan lantai kayu agar tetap awet
Photo by Vidit Goswami

Selain menggunakan lemon atau cairan asam lainnya, kamu juga bisa menggunakan es untuk mengangkat noda yang sudah mengeras di lantai kayu. Cara ini cukup ampuh untuk mengangkat noda seperti lilin yang mengering atau permen karet. Dengan cara ini kamu tidak perlu menggunakan benda tajam untuk mengangkat noda tersebut sehingga tidak merusak lantai. Cukup mudah bukan.


Itulah 10 cara merawat lantai kayu di rumah kamu agar tetap bersih dan awet. Semoga artikel ini dapat membantu agar lantai kayu di rumah kamu tetap kinclong dan tidak mudah rusak ya!


Jika kamu ingin mengganti lantai di rumah kamu namun tidak tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan tidak usah khawatir. Karena Homeplan memiliki aplikasi yang dapat membantu kamu menghitung biaya tersebut secara otomatis loh. Menarik banget kan, yuk download Homeplan di sini sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya